Dari 2.682 Peserta Hanya 245 Peserta PPPK Berhak Ikuti SKB Pemprov Babel

Dwi H Putra    •    Sabtu, 04 Desember 2021 | 20:36 WIB
Lokal
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Formasi Seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) 2021 di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) dipastikan banyak tidak terisi, terkhusus formasi guru. 

"Dari sebanyak 841 formasi guru yang dibutuhkan sesuai kuota CPPPK yang diterima, banyak peserta gugur di tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dari seluruh pelamar berjumlah 2.682 guru yang mendaftar, hanya 245 orang yang dinyatakan lulus," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Babel, Ervawi, Jumat (3/12/2021) kemarin.

Lanjutnya, sesuai dengan penilaian, sebanyak 245 guru ini berhak melanjutkan melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dijadwalkan pada Senin (6/12/2021) mendatang. 

"Pelaksanaan seleksi kompetensi II ini pada 6-10 Desember 2021, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi II pada tanggal 16 Desember 2021," ujarnya. 

Pihaknya membantah jika soal ujian yang sulit menjadi kendala banyaknya guru tak lulus di SKD. 

"Tidak juga, soal kompetensi ini sudah sesuai standarnya untuk mengukur kompetensi para guru," jelas Ervawi. 

"Memang banyak formasi yang kosong tahun ini, bisa diajukan lagi untuk CPPPK 2022, dan di tahun-tahun berikut. Jadi tidak menggugurkan formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat," terangnya. 

Ditambahkannya, Pemprov Babel melalui Disdik dan didorong Gubernur Babel telah berupaya, agar guru dengan pengalaman mengajar di satu sekolah dapat diprioritaskan untuk diterima.

"Kami sudah ketemu dengan Kementerian Pendidikan mereka setuju," tukas Ervawi. 

"Hanya saja ada kementerian lain lagi selain Kementerian Pendidikan, yakni Kemenpan - RB dan juga BKN, dan belum tentu juga mereka setuju," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE