Tersandung Kasus Korupsi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel Ditahan di Lapas Tuatunu

Tim_Wow    •    Kamis, 09 Desember 2021 | 18:29 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung, Juaidi, sejak Rabu (8/12/2021) ditahan di Rutan Kelas II Tuatunu Pangkalpinang.

Penahanan tersebut dilakukan berdasarkan putusan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A, Kota Pangkalpinang yang mengacu pada Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Juaidi bersama dua terdakwa lainnya terjerat dugaan korupsi pengadaan konstruksi ferrocemet Kelompok Tani Sejahtera Desa Kemuja dan Kelompok Tani Benua Cemerlang Desa Paya Benua, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Surat penetapan penahanan ketiga terdakwa, dibacakan Ketua Majelis Hakim Yunizar Kilat Daya, didampingi dua Hakim anggota MHD Takdir dan Warsono. JPU Kejari Bangka, langsung mengesekusi ketiga terdakwa ke Lapas Tuatunu, Kecamatan Gerunggang.

Terpisah Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung , Abdul Fatah, mengatakan pihaknya nanti akan menunjuk pejabat sementara untuk melaksanakan tugas kepala dinas yang berhalangan tugas disebabkan menghadapi permasalahan hukum.

"Harusnya ada yang pejabat yang tetap melaksanakan tugas kepala dinas, mekanisme terkait ini akan ditempatkan seorang pejabat guna melaksanakan tugas kepala dinas," kata Abdul Fatah, Kamis (9/12/2021).

"Seluruh kegiatan yang tadinya dipimpin pejabat definitf, nanti akan ditunjuk oleh gubernur, siapa yang akan melaksanakan tugas pejabat itu," imbuhnya.

"Saat ini belum ada ketetapan siapa yang akan mengisinya, sebab kewenangan itu ada di tangan gubernur, kecuali sudah didelegasikan kepada wakil gubernur," jelas Abdul Fatah.

Ditambahkan Abdul Fatah ketentuannya demikian, sekarang ini pejabat yang lama tidak boleh lagi melakukan tugas administrasi sedangkan yang di bawahnya pun demikian masih menunggu kebijakan gubernur.(wb) 



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL