Dana Desa Sudah Rp400 Triliun Jangan Salah Sasaran

Tim_Wow    •    Senin, 20 Desember 2021 | 15:21 WIB
Nasional
Caption: Presiden Jokowi dalam acara Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan Rakornas BUM Desa 2021 di Jakarta, Senin (20/12/2021) . (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Caption: Presiden Jokowi dalam acara Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan Rakornas BUM Desa 2021 di Jakarta, Senin (20/12/2021) . (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, wowbabel.com -- Presiden Joko Widodo mengingatkan agar dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat untuk desa untuk tidak disalahgunakan. Sebab anggaran desa yang sangat besar bila dikelola dengan baik akan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

Pemerintah telah menyalurkan dana desa sebesar Rp400,1 triliun sejak tahun 2015 hingga saat ini. Penyaluran dana desa ini  dapat dikelola dengan bijak dan tepat sasaran.

“Hati-hati pengelolaan dana desa yang jumlahnya tidak sedikit, jumlahnya sangat besar sekali, sekali lagi Rp400,1 triliun itu duit gede sekali. Begitu salah sasaran, begitu tata kelolanya tidak baik bisa lari kemana-mana. Ini perlu saya ingatkan,” kata Presiden Jokowi saat acara Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan Rakornas BUM Desa 2021 di Jakarta, Senin (20/12/2021). 

Presiden Jokowi  juga mengajak masyarakat untuk membangun dan menjadikan desa sebagai basis kegiatan ekonomi yang produktif. 

Kepala Negara menegaskan agar BUM Desa dan BUM Desa Bersama dapat memacu pertumbuhan usaha baru yang dibutuhkan di masyarakat. 

“Tugas-tugas itu yang kita inginkan, bukan mematikan yang sudah ada, berorientasi pada pembentukan usaha baru yang belum ada tapi dibutuhkan masyarakat, bagaimana men-trigger, memacu agar ada usaha-usaha baru di masyarakat yang belum ada tapi dibutuhkan,” lanjutnya. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar perusahaan swasta maupun BUMN dapat melibatkan BUM Desa dalam setiap kegiatan yang dilakukan. (wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL