Libatkan BUMDes Agar Desa Tidak Hanya Jadi Penonton

Tim_Wow    •    Senin, 20 Desember 2021 | 14:58 WIB
Nasional
Caption: Presiden Jokowi dalam acara Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan Rakornas BUM Desa 2021 di Jakarta, Senin (20/12/2021) . (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Caption: Presiden Jokowi dalam acara Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan Rakornas BUM Desa 2021 di Jakarta, Senin (20/12/2021) . (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Presiden Joko Widodo meminta agar Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dapat mengonsolidasikan usaha rakyat untuk memudahkan pasokan yang dibutuhkan masyarakat.  Perusahaan swasta maupun BUMN dapat melibatkan BUM Desa dalam setiap kegiatan yang dilakukan agar rakyat desa tidak hanya jadi penonton.

“Hasil-hasil perkebunan yang gede-gede rakyat hanya menonton, melihat tambang diambil keluar dari daerah, keluar dari desa, rakyat hanya menonton saja, libatkan. Nanti akan saya sampaikan secara tegas melibatkan BUM Desa, BUM Desa Bersama dalam kegiatan-kegiatan mereka,” kata Presiden Jokowi dalam acara Peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUM Desa dan Rakornas BUM Desa 2021 di Jakarta, Senin (20/12/2021). 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meminta agar BUM Desa dapat mengembangkan hasil produksi pertanian dan hortikultura ke pasar internasional. Sebagai contoh, sebuah desa di Kalimantan Timur telah mengekspor lidi dari kelapa sawit dan nipah, serta arang kayu halaban.

“Ini bagus sekali bisa melompat. Kalau ini namanya melompat karena tidak hanya berjualan di desa itu tidak berjualan untuk domestik tetapi sudah bisa masuk ke pasar ekspor dan sekarang ini peluang-peluang seperti itu sangat banyak sekali,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Jokowi menekankan pentingnya melibatkan BUM Desa untuk melakukan transformasi ekonomi di desa. Di masa pandemi, ekonomi pedesaan menjadi salah satu penyelamat di saat perekonomian di perkotaan terganggu.  (wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL