Mansah Sebut Kenaikan Harga Bahan Pokok Terjadi Setiap Akhir Tahun

Dwi H Putra    •    Senin, 20 Desember 2021 | 15:58 WIB
Lokal
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Hampir menjadi kebiasaan setiap menjelang Natal dan Tahun Baru, sejumlah bahan pokok di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sulit didapati, jika pun ada harga jual dipasaran naik tidak seperti biasanya, seperti cabai, minyak goreng dan lainnya. 

"Ini terjadi setiap tahun, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru atau akhir tahun, sehingga ada beberapa barang pokok sulit didapatkan masyarakat termasuk tingginya harga dipasaran," kata Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel, Mansah di Pangkalpinang, Senin (20/12/2021). 

"Harusnya ini menjadi evaluasi dan perhatian bersama yang mana dengan alasan klasiknya cuaca buruk," ujarnya. 

Diakuinya memang tidak dipungkiri, setiap akhir tahun musim angin barat cuaca di daerah kepulauan berpengaruh, harusnya dilakukan penguatan didalam daerah. 

"Seperti, penguatan stok didalam baik tingkat petani diperkuat terutama menjelang akhir tahun atau cuaca ekstrim," jelas Mansah. 

"Ini pengalaman bagi dinas terkait untuk mempersiapkan segala sesuatunya di bulan November, Desember dan Januari ini, petani bisa panen," harapnya. 

Pihaknya juga mengharapkan ada pengawasan dari dinas terhadap pasar, terkadang jika barang sulit dijadikan bisnis untuk menaikkan harga apalagi di daerah kepulauan. 

"Jangan hanya ini jadi pelajaran setiap tahun, tapi harus ada perubahan kedepannya," tandas Mansah. 

Lalu apakah dalam waktu dekat ada upaya dari Komisi II DPRD Babel untuk memanggil dinas terkait menindaklanjuti permasalahan ini. 

"Kami sering berkoordinasi dengan dinas ini baik terkait harga dengan Dinas Perindustrian dan Pedagangan termasuk Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, khusus harga cabai ini," terang Mansah. 

"Kami juga selalu membantu melalui paket-paket bagi petani yang ingin berkebun seperti Cabai, supaya disaat seperti ini tidak harus memasok cabai dari luar," tukasnya. 

"Apalagi saat ini dengan harga yang lumayan, petani bisa lokal bisa untung untuk terus berkembang," pungkasnya. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL