Teka Teki Penambahan Kursi yang Terjawab

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 21 Desember 2021 | 13:04 WIB
Opini
Ranto (Dosen Jurusan Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan KapongSebubong Indonesia).(ist)
Ranto (Dosen Jurusan Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan KapongSebubong Indonesia).(ist)

Oleh: Ranto (Dosen Jurusan Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan KapongSebubong Indonesia)


Ulasan politik kali ini sesungguhnya merupakan rangkaian dari tulisan sebelumnya dan yang akan datang.Memasuki pertengahan minggu ke dua di Bulan Agustus 2021 yang lalu, saya sudah membuat artikel dengan judul “Teka Teki Alokasi yang Bertambah" yang dipublikasikan oleh Media Online Berpengaruh di Bangka Belitung bernama WOW BABEL.Secara spesifik memang ditujukan untuk Kabupaten Bangka Barat. Tapi, melihat berbagai potensi yang ada, sepertinya di Bangka Selatan atau Bangka Tengah juga bisa meminjam analisis yang disampaikan terkait penjelasan tentang kemungkinan fenomena penambahan kursi DPRD Kabupaten untuk Pemilu 2024 nanti.

Seperti yang tercatat dalam artikel tersebut, untuk Pemilu 2024 nanti, Bangka Barat berpotensi mendapatkan tambahan sebanyak 5 kursi.Selain itu, saya juga masih menerka untuk daerah mana sajakah yang kursinya bertambah. Belum tersedianya data yang valid untuk dijadikan rujukan ketika tulisan sebelumnya dibuat memang masih dalam suasana main tebak-tebakan. Paling tidak sampai bulan desember2021 baru bisa diketahui data otentiknya.

Memasuki minggu ke tiga di bulan Desember 2021, pertanyaannya dan jawaban untuk kepastian Bangka Barat mendapatkan tambahan kursi betul-betul dinantikan. Jika benar bertambah, dasarnya apa? Dan, pertanyaan yang paling penting untuk dijawab adalah: jika ada penambahan kursi, Daerah Pemilihan (Dapil) mana saja yang alokasinya bertambah?

Di artikel seri ke-2 tentang Daerah Pemilihan ini, pembaca dipastikan akan mendapatkan jawaban yang jelas dan terang benderang terkait dengan teka teki penambahan kursi di DPRD Bangka Barat. Tak hanya itu, pembaca juga dipastikan mengetahui di Dapil mana saja yang mengalamipenambahan kursinya.

Jika dlihatdari angka pada Semester 1 tahun 2021, jumlah penduduk yang ada di Bangka Barat sudah 206.006 jiwa. Artinya, penduduk di Bangka Barat saat ini sudah melampaui jumlah 200.000.Kalaupun nanti ada beberapa pengurangan jumlah penduduk dari angka tadi tentu tidak terlalu signifikan dengan kelebihan sebanyak 6000 jiwa.Adanyapenambahan penduduk ini juga sudah dikoordinasikan oleh pihak daerah dengan Kementerian Dalam Negeri. Hasil dari koordinasi tersebut tidak ada perbedaan antara data yang dimiliki oleh kementerian dengan data yang disampaikan oleh daerah.Oleh karena itu, dikesempatan ini, saya ingin menegaskan bahwa untuk Pemilu 2024 yang akan datang, kepastian ada penambahan kursi untuk DPRD Bangka Barat sudah final. Dasarnya apa?

Merujuk UU No. 7 Th. 2017tentang Pemilihan Umum pada Pasal 191 ayat (2) disebutkan bahwa untuk jumlah penduduk di angka 200.001 s.d. 300.000 maka dikonversi kedalam jabatan politik di DPRD sebanyak 30 kursi. Dengan kelebihan sejumlah 6000 jiwa tadi maka peserta pemilu (partai politik maupun politisisecara personal) sudah bisa mengambil langkah strategis untuk memanfaatkan secara maksimal dari penambahan kursi ini.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE