Zuristyo : Kementerian BUMN Diharapkan Berkontribusi Besar untuk Babel

Dwi H Putra    •    Kamis, 23 Desember 2021 | 21:28 WIB
Lokal
Anggota DPR RI Dapil  Bangka Belitung, Zuristyo Firmadata.(dwi/wb)
Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung, Zuristyo Firmadata.(dwi/wb)

PANGKALAN BARU, www.wowbabel.com -- Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengeluh belum diperhatikan oleh pemerintah maupun stakeholder lainnya dalam mengembangkan usahanya. 

Padahal, banyak stakeholder yang bisa membantu keberlangsungan perkembangan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM), oleh sebab itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI daerah pemilihan Bangka Belitung (Babel), Zuristyo Firmadata berupaya memperjuangkan agar Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat lebih memperhatikan Kepulauan Babel, dengan berbagai program yang ada. 

"Saya akan perjuangkan agar Kementerian BUMN memberikan konstribusi besar terhadap Babel, apa yang bisa diberikan untuk kemajuan Babel," kata Zuristyo ketika menghadiri kegiatan Sosialisasi Peran Corporation Social Responsibility (CSR) BUMN Bagi Masyarakat di Pangkalan Baru, Kamis (23/12/2021). 

Guna mengembangkan sektor UMKM, menurutnya bukan saja peran dari pemerintah, tetapi juga keterlibatan semua stakeholder termasuk BUMN melalui CSR. 

"Kementerian BUMN akan memfokuskan sasaran CSR BUMN kepada tiga aspek, yakni pendidikan, lingkungan dan UMKM," jelas Zuristyo. 

"Ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengembangkan usaha dan pembangunan," paparnya. 

Zuristyo yang duduk di Komisi VI DPR RI membidangi tentang BUMN, UKM, perdagangan dan investasi dengan mitra kerja Kementerian BUMN dan kementerian terkait lainnya, menyebutkan untuk aspek pendidikan CSR BUMN dapat dimanfaatkan untuk menunjang infrastruktur pendidikan untuk mendorong terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kompeten, dan berdaya saing.

"Dalam aspek lingkungan CSR BUMN dapat mencegah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas ekonomi perusahaan," terangnya. 

"Pembangunan infrastruktur dan berbagai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam mencapai lingkungan yang sehat dan bersih," bebernya. 

Lanjutnya saat ini tenaga kerja sektor UMKM mencapai 90 persen dari total tenaga kerja nasional, program-program pemberdayaan UMKM melalui

bantuan standarisasi UMKM yang layak, mendorong go digital, membangun jejaring, dan sinegitas dengan badan pembiayaan menjadi kunci utama UMKM. 

"Peran BUMN sangat strategis dan memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai program yang sudah sangat dinanti masyarakat untuk mengatasi maslah pandemic yang terjadi saat ini," tukasnya. 

"Kami berharap melalui CSR BUMN melibatkan masyarakat sekitar perusahaan ini pemulihan ekonomi yang terjadi terasa hingga lapisan masyarakat bawah, lebih humanis dan mampu memberdayakan UMKM sebagi mitra strategis BUMN kedepan," pungkas Zuristyo. (dwi/wb)





BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL