Hobi Wisata Alam, Coba ke Danau Pading Bangka Belitung

Dwi H Putra    •    Minggu, 02 Januari 2022 | 09:11 WIB
Video Kite
Sejumlah pengunjung memenuhi kawasan Wisata Danau Pading Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.(dwi/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Danau Pading berlokasi di Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) cocok menjadi tujuan anda mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Danau Pading di kaki Bukit Pading ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua hanya dengan waktu sekitar 2 jam jika dari Kota Pangkalpinang Ibukota Provinsi Babel menempuh jarak 115 kilometer.

Namun, jika dari Koba, Ibukota Kabupaten Bateng, pengunjung hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit saja, melalui jalan aspal yang sudah bagus.

Danau Pading merupakan danau buatan pasca tambang yang dilakukan salah satu perusahaan besar di Babel, sejak beberapa puluh tahun lalu.

Melihat potensi dengan hutan yang asri, air danau berwarna biru kehijau-hijauan ini serta dikelilingi perkebunan warga yang asri, akhirnya dijadikan objek wisata alam oleh masyarakat sekitar.

Pengunjung di objek wisata ini selain dapat menikmati keindahan danau dan Bukti Pading, terutama anak-anak dapat mandi di danau serta menikmati keliling danau menggunakan perahu yang disiapkan pengurus objek wisata.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto dilokasi yang disiapkan pengurus, serta dapat menikmati jajanan lokal yang dijual masyarakat sekitar.

"Seingat saja ada danau di atas Bukit Pading ini, berlokasi di lembah antara barisan bukit, itu danau alami asli alam, hanya saja untuk ke lokasi jalannya sangat sulit," kata Sukardi (68) warga Desa Perlang ditemui wowbabel.com ketika berkunjung ke Danau Pading, Minggu (2/1/2022).

"Anak saya yang pernah ke danau itu, mereka naik ke bukit melalui jalur Air Terjun Sadap," ujarnya.

Terkait objek wisata ini, Sukardi berharap kepada pengurus dan pengunjung selalu dapat menjaga kebersihan dan keasriannya, mengingat objek wisata alam ini kedepannya bisa menjadi andalan daerah terkhusus Kabupaten Bateng. (dwi/wb)





MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE