Kabar Baik dari Pandemi

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 04 Januari 2022 | 18:21 WIB
Opini
Yudi Sapriyanto SPd (Kepala SMA Negeri 1 Simpang Rimba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung).(ist)
Yudi Sapriyanto SPd (Kepala SMA Negeri 1 Simpang Rimba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung).(ist)

Oleh:  Yudi Sapriyanto SPd (Kepala SMA Negeri 1 Simpang Rimba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)


Tak terasa sebentar lagi kegiatan pembelajaran tatap muka akan segera dilaksanakan kembali. Berkenaan dengan telah ditetapkannya Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pada Tanggal 22 Desember 2021. Penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi dilakukan dengan pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan atau melaksanakan pembelajaran jarak jauh. 

Dalam hal kegiatan pembelajaran dilaksanakan tentu saja acuan diatas menjadi sangat penting. Setidaknya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran ini tidak bisa lepas dari kehati-hatian kita agar sekolah tidak menjadi cluster penyebaran virus corona ataupun virus sejenis lainnya dan menjaga keselamatan warga sekolah.

Pendidikan sebagai modal dasar dalam penyiapan sumber daya manusia tetaplah harus terus diselenggarakan terlepas dengan berbagai tantangan di masa pandemi. Salah satu tantangan yang mestinya kita sadari selama pandemi ini adalah tantangan pendidikan di era digital. Berawal dari perkembangan lingkungan belajar itu sendiri, pada mulanya perkembangan yang dimulai dari terjadinya revolusi industri, terjadinya fabrikasi-manufaktur, terjadinya mekanisasi, berkembangnya teknologi informasi dan sekarang dengan adanya dunia maya yang kita sebut internet. Bahkan berikutnya dunia berubah lebih cepat. 

Perkembangan internet dengan jaringan nir-kabel, kemudian munculnya android-smartphone, adanya google dan akhir-akhir ini viralnya peristiwa dengan adanya media sosial. Perkembangan dunia yang demikian cepat ini pada akhirnya akan berimbas kepada berbagai situasi dan kehidupan masyarakat, tak terkecuali pendidikan. Selain itu, dengan berkembangnya pandemi mengakibatkan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Hal ini berdampak kepada semakin intensif pembelajaran berbasis teknologi dan jaringan internet. 

Saat ini juga, berdampak fenomena hilangnya berbagai profesi seperti ojek pangkalan, tukang pos, fungsi kasir, warnet, berkurangnya percetakan, terjadinya kuliah online, belanja online, buku berbahan kertas akan hilang, dompet digital, barcode, munculnya dokumen digital seperti koran digital dan berbagai lainnya.

Maraknya perkembangan media sosial akhir-akhir ini, seiring dengan beberapa kenyataan tentang laporan terbaru dari Agensi marketing We Are Social dan Platform Manajemen Media Sosial Hootsuite mengungkap bahwa lebih dari separuh penduduk di Indonesia telah aktif menggunakan media sosial pada Januari 2021. Berdasarkan frekuensi penggunaan bulanan urutan pertama aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia ternyata Youtube 93,8 %, WhatsApp 87,7 %, Facebook 86,6 % dan twitter 85,5 %. 

Sedangkan bila melihat data durasi penggunaan masing-masing media sosial per bulan ternyata pengguna media sosial Indonesia rata-rata menghabiskan 30,8 jam perbulan menggunakan WhatsApp, kemudian Facebook dan instagram sebanyak 17 Jam per bulan, aplikasi tiktok sebanyak 13,8 jam perbulan dan terakhir twitter dengan 8,1 jam per bulan.

Perkembangan dari media sosial yang demikian sangat cepat ini akan berpengaruh terhadap prilaku sosial. Setidaknya beberapa hal terdampak terhadap kenyataan ini diantaranya aspek budaya kerja, orientasi nilai, karakter dan cita-cita. Pada aspek budaya kerja misalnya lazimnya undangan yang menggunakan media whatsApp menuntut pekerjaan lebih cepat selesai. Disposisi tidak lagi bersifat manual sehingga berkurangnya interaksi langsung atasan-bawahan. Instruksi pimpinan bahkan masukan dan saran bawahan dapat tersampaikan langsung yang akan membuat birokrasi berjenjang melemah. Pada aspek orientasi nilai juga mengalami pergeseran. 



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL