Erzaldi Pelajari Teknik Milenial Shrimp Farming di Tambak BPAP Situbondo

Tim_Wow    •    Kamis, 06 Januari 2022 | 12:01 WIB
Nasional
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat meninjau pengelolaan IPAL di tambak udang kawasan Situbondo.(wb)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat meninjau pengelolaan IPAL di tambak udang kawasan Situbondo.(wb)

SITUBONDO,www.wowbabel.com - Tambak Udang Milenial atau Millenial Shrimp Farming (MSF) Situbondo merupakan program percontohan budidaya udang vaname dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP). 

Selain melibatkan milenial dalam pengelolaan, tambak udang ini juga memiliki beberapa keunggulan dari tambak biasanya diantaranya  sudah menerapkan teknologi 4.0 dalam operasionalnya. Automatic feeder, water quality monitoring, nanobubble dan oksigen murni sudah dilengkapi dengan sistem basis data.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melihat langsung pengelolaan tambak udang milenial Situbondo bersama Agung, Kadis KKP Bangka Belitung dan Marwan Kadis DLH Bangka Belitung. 

Tambak udang yang sudah dikelola dengan digital ini bisa mendapatkan hasil produksi yang tinggi dengan biaya kontruksi yang lebih murah, namun juga berhasil menekankan pencemaran lingkungan. Menerapkan central draindrain,  sistem manajemen air dan pakan serta Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sehingga dampak limbah dapat dikelola dan diminimalisirkan. 

Erzaldi mengatakan tambak udang milenial akan diterapkan di Bangka Belitung dalam waktu dekat. 

"Tambak udang yang dikelola baik ini akan kita terapkan di Babel sehingga dapat memberikan edukasi dalam pengelolaan tambak udang yang minim resiko terhadap lingkungan, " ujar Erzaldi.(wb) 






MEDSOS WOWBABEL