Fokus Atasi Banjir Rob, Erzaldi dan Ery Cahyadi Berkolaborasi

Tim_Wow    •    Jumat, 07 Januari 2022 | 08:27 WIB
Nasional
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama Wali Kota Surabaya, Ery Cahyadi.(wb)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama Wali Kota Surabaya, Ery Cahyadi.(wb)

SURABAYA,www.wowbabel.com -- Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama Forkopimda Bangka Belitung (Babel) sepakat untuk fokus penanganan banjir di Babel. Diketahui belakangan ini beberapa daerah di Babel dilanda banjir rob ketika musim penghujan kembali datang. 

Dalam kunjungan Menteri Sosial Risma ke Babel pada Desember 2021 lalu, beliau bercerita kesuksesan mengatasi banjir rob selama kepemimpinan beliau di Kota Surabaya. 

Risma menyarankan untuk melihat langsung ke kota surabaya bagaimana cara kerja tanggul dan pompa dalam mengantisipasi banjir rob. 

Dalam kunjungan ke Kota Surabaya, Jumat (07/01/2022), Erzaldi meninjau beberapa titik penanganan banjir rob. Penempatan tanggul dan pompa menjadi perhatian Erzaldi. 

"Hampir keseluruhan daerah di Babel itu pesisir, kita perlu belajar dengan Surabaya bagaimana banjir rob bisa diatasi, " ujar Erzaldi

Erzaldi menambahkan apa yang telah dilakukan di Babel berbeda, pihaknya membangun tanggul yang berbeda dengan Surabaya yang mana hanya sebagai break water (pemecah ombak) , namun belum memberikan manfaat kepada masyarakat seutuhnya. 

"Banyak hal yang bisa dipelajari. Selain pola pembangunan tanggul, tanggung jawab penyelesaian banjir rob di Surabaya pun dilakukan secara bersama, tidak hanya dibebankan pada pemerintah, namun ada stakeholder yang juga turut membantu," jelas Erzaldi. 

Di samping itu, Wali Kota Surabaya, Ery Cahyadi yang mendampingi Forkopimda Babel menjelaskan Kota Surabaya mengatasi banjir rob dengan cara membangun tanggul dari batu dan pasir ditambah dengan pompa. 

"Kita saling belajar dan kolaborasi, tidak hanya Babel belajar kesini, kami juga akan belajar kepada Babel apa yang bisa dibangun di Surabaya, " jelas Ery.(wb) 




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL