Ade Sang Kapten Garuda Pertiwi Asal Cendil Beltim

Tim_Wow    •    Rabu, 12 Januari 2022 | 18:11 WIB
Sport
Ade Mustikiana Oktafiani, Kapten Timnas Putri Indonesia.(sumber:pssi)
Ade Mustikiana Oktafiani, Kapten Timnas Putri Indonesia.(sumber:pssi)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Ade Mustikiana Oktafiani  adalah kapten Timnas Putri Indonesia.  Ade kembali dipercaya memimpin 23 skuad  Timnas Putri Indonesia yang berjuluk “Garuda Pertiwi” pada Piala Asia  Putri 2022 di India 20 Januari-9 Februri 2022.

Baca Juga: Ade dan Vivi Wakil Babel di Timnas Garuda Pertiwi Piala Asia 2022

Sebelumnya Ade Mustikiana asal Desa Cendil Kabupaten Belitung Timur ini berhasil membuat bangga pencinta sepak bola karena dipanggil mengikuti trial bersama Bayern Munich. Rencananya, trial ini bakal berlangsung di Munich, Jerman, pada 16 hingga 23 Agustus mendatang.

Trial ini menjadi kesempatan berharga bagi perempuan yang tengah menimba ilmu di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu untuk membuktikan bakatnya. Jika berhasil lolos trial bersama Bayern Munich, bukan tidak mungkin bakatnya bakal terus terasah. Sebab, usia Ade masih terbilang muda dan masa depannya sangat cerah.

Pemain dengan nama lengkap Ade Mustikiana Oktafiani ini adalah atlet sepak bola perempuan asal Desa Cendil, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Bakat dan potensi pemain kelahiran 3 Oktober 1999 ini terus diasah oleh pelatih sekaligus ayahnya, Fila Hadianto.

Sebetulnya, Fila Hadianto memang menjadi salah satu sosok penting di balik banyaknya talenta asal Belitung Timur yang menjadi atlet pesepak bola putri nasional.

Sebab, lelaki yang akrab dengan sapaan Hodri itu juga berstatus sebagai pelatih tim sepak bola PON Bangka Belitung.

Kemudian, bakat Ade memang sudah tercium sejak dia berusia 11 tahun tepatnya pada medio 2010.

Ketika itu, pelatih PS Beltim, Agung Permana, menyaksikan kiprah Ade di kejuaraan U-12 tingkat kecamatan kategori sekolah sepak bola (SSB) laki-laki.

Pada kejuaraan itu, Ade ikut bermain di kategori laki-laki. Sebab, kejuaraan untuk sepak bola putri saat itu memang masih minim.

Agung menuturkan,  Ade memiliki talenta yang luar biasa karena bisa memiliki feeling bola dan melakukan juggling di atas rata-rata anak seusianya. Bahkan, Agung juga mengakui jika bakat Ade bisa dibilang hampir sama dengan anak laki-laki seusianya.

Meskipun lahir di Bangka Belitung, tapi kiprah Ade Mustikiana sudah melesat hingga internasional.

Sebab, dia beberapa kali menjadi langganan Timnas Indonesia Putri, baik di level kelompok usia maupun di level senior. Bahkan, ia juga sempat dipercaya menjadi Kapten Tim Garuda Pertiwi.

Sejak pertama kali memperkuat timnas Indonesia pada Piala AFF Putri 2015, kini dia sudah menjadi langganan timnas. Setidaknya, ia pernah tampil pada Piala AFF Putri 2017, Asian Games 2018, dan SEA Games 2019.

Kini, dipercaya lagi untukmemimpin Garuda Pertiwi di Piala Asia 2022 sebelum trian bersama Bayern Munich  pada 16 hingga 23 Agustus mendatang. (*)

Sumber : suara.com



 



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE