G-20, Tujuh Spot Wisata Unggulan Belitung Dipersiapkan Maksimal

Dwi H Putra    •    Kamis, 13 Januari 2022 | 13:30 WIB
Lokal
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- G-20 yang bakal diselenggarakan pada 7-9 September 2022 mendatang di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus dipersiapkan dengan baik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Terpantau, persiapan dilakukan Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman dengan intens menggelar rapat bersama instansi lainnya sejak Senin (10/1/2022), Rabu (12/1/2022) kemarin, hingga hari ini berkenaan dengan layanan operator seluler dan hotel di Pulau Belitung, termasuk pihak bandara HS Hanandjoedin Belitung.

"Ya, kemarin sudah kami awali dengan tapat bersama Forkopimda Belitung dan Beltim," kata Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah ketika dijumpai diruang kerjanya (12/1/2022) kemarin.

Menurutnya, Babel sebagai tuan rumah G-20 merupakan hal yang luar biasa dan akan membawa dampak yang luar biasa terhadap perkembangan pembangunan di Babel.

Apalagi dalam kegiatan ini sekitar seribu orang dari 20 negara, berikut panitia dan lainnya akan hadir di Belitung untuk menggelar pertemuan dan membahas isu-isu strategis yang dihadapi dunia saat ini.

"Jelas, kesempatan ini imanfaatkan Babel untuk memperkenalkan pariwisata Belitung kepada negara peserta, agar lebih dikenal dan mendunia," jelas Abdul Fatah.

" Setidaknya ada tujuh destinasi yang dipersiapkan untuk para tamu kenegaraan ini," paparnya. 

Lanjut Wagub Babel, tujuh spot wisata ini diantaranya Tujuh Titik Geopark Belitong yang sudah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark 2021, diantaranya Gusung Bugis, Bukit Peramun, Hutan Keranggas, Open Pit Nam Salu, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan lainnya.

"Ini adalah kesempatan untuk mendunia, para tamu yang hadir akan disuguhi wisata alam di Belitung, juga dipersiapkan event pendukung lainnya," terangnya lagi. 

Ia meminta, agar pimpinan daerah di Belitung dan Beltim untuk mempersiapkan tempat-tempat yang akan dikunjungi tersebut, serta kesiapan pendukung lainnya seperti umum, suvenir melalui gerakan ekonomi kreatif, dan lainnya. 

"Segera lakukan persiapan lakukan pembenahan, agar tertata dengan baik dan tidak ada sampah yang berkeliaran," harapnya. 

Ia juga memastikan, persoalan jaringan telekomunikasi pada perhelatan pertemuan menteri yang tergabung dalam G-20 aman dan tercukupi. Hal ini setelah rapat persiapan dengan berbagai pihak penyedia jaringan telekomunikasi di Babel.

Untuk itu, penyedia jasa internet dan telekomunikasi baik Telkom dan Telkomsel diminta untuk membantu ketersediaan jaringan telekomunikasi.

"Yang berkaitan interaksi digital, berapa banyak yang dibutuhkan dan ketersediaan yang ada saat ini, dan ternyata PT Telkom memiliki kemampuan hingga 1 Giga, artinya ini nggak ada masalah,” tukasnya.

"Kami juga minta kesediaan PT PLN untuk mendukung pasokan listrik selama acara berlangsung," pungkas Wagub Babel. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE