Lestarikan Seni Marawis, PT Timah Bantu Alat Kesenian untuk Yayasan Al Hidayah Serimpang Darussalam

ADVERTORIAL    •    Kamis, 13 Januari 2022 | 16:19 WIB
Lokal
Penyerahan bantuan dari PT Timah Tbk untuk Kelompok Kesenian Marawis di Desa Bakit Kecamatan Parittiga.(ist)
Penyerahan bantuan dari PT Timah Tbk untuk Kelompok Kesenian Marawis di Desa Bakit Kecamatan Parittiga.(ist)

PARITTIGA,www.wowbabel.com -- Majelis Taqlim dan yayasan Al Hidayah Serimpang Darussalam di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat hingga saat ini masih konsisten melestarikan kesenian marawis. Bahkan mereka telah menampilkan kesenian marawis hingga ke kabupaten lainnya. 

Untuk menjaga kelestarian seni Marawis ini, PT Timah Tbk memberikan bantuan pengadaan peralatan marawis dan sound system kepada Majelis Taklim dan Yayasan Al Hidayah Serimpang Darussalam. Majelis Pimpinan Ustaz Askari Marjuki ini terus menggaungkan seni marawis ke berbagai daerah agar tetap lestari. 

"Alhamdulilah kemarin mengajukan proposal permohonan bantuan untuk pengadaan alat marawis ditanggapi dengan baik dan ini sangat bermanfaat," ungkap Pimpinan Majelis Taqlim dan Yayasan Al Hidayah Serimpang Darussalam Ustaz Askari Marjuki saat penyerahan bantuan, Selasa (11/1/2022). 

Ustaz Askari menceritakan, kelompok marawis mereka kerap mendapat undangan dari masyarakat untuk tampil dalam berbagai kegiatan. Namun, mereka belum memiliki sound system sehingga mereka setiap kali tampil harus menyewa. Sedangkan untuk membeli, pihaknya belum bisa, pasalnya setiap tampil mereka tak pernah memasang tarif. 

"Selama ini bila dipanggil itu kita sering rental mobil, rental sound system yang kadang-kadang tidak tercover, karena di masyarakat kita tidak pernah menentukan tarif. Namun  bila kami dihargai dalam bentuk hadiah, berapapun kami terima," bebernya. 

Diakuinya, tantangan untuk terus melestarikan musik marawis yakni menyesuaikan dengan musik terkini. Sebagai musik yang kental dengan nuansa agamis, hal ini tidak mudah namun mereka tetap berusaha. 

"Tantangan kita selama ini bersholawat itukan seiring jaman harus mengikuti zaman, dalam mengikuti itu tidak terlepas dari warna musik dan dukungan dari bunyi musik itu. Jadi dukungan  sound system itu sangat menentukan daripada kualitas bunyi karena basicnya ibadah," katanya. 

Menurutnya, kelompok Marawis mereka selain tampil  di lokal juga pernah tampil ke luar Kabupaten Bangka Barat. 

"Serempang inikan di Desa Bakit, namun jemaah ada dari Desa Semulut, Parittiga, Jebus dan Pangkalpinang, yang mengunakan seni marawis bahkan sampai ke Bangka Selatan," sambungnya. 

Pihaknya, berharap nantinya juga dapat tampil dan diundang PT Timah Tbk dalam acara acara perusahaan. Sehingga seni marawis akan tetap lestari. 

"Semoga nanti PT Timah Tbk juga akan mengundang kita, dengan senang hati kami akan tampil membawakan seni marawis yang khas dengan nuansa keagamaan," sebutnya. 

Sementara itu, Camat Parittiga, Madrisa mengatakan dengan dengan adanya bantuan dari PT Timah dapat melestarikan budaya di Kecamatan Parittiga

"Semoga dengan bantuan dari PT Timah ini, seni dan budaya yang ada selama dapat terus dilestarikan dan dikembangkan," katanya.(adv/*) 




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE