Raperda Keolahragaan Babar, Atur Perpindahan Atlet dan Kemudahan Dapat Pekerjaan

Chairul Aprizal    •    Sabtu, 15 Januari 2022 | 04:15 WIB
Lokal
Anggota DPRD Bangka Barat, Rubiansyah.(rul/wb)
Anggota DPRD Bangka Barat, Rubiansyah.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Komitmen pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Bangka Barat khususnya di bidang olahraga mulai dikebut dengan disetujuinya rancangan peraturan daerah (Raperda) baru tentang Keolahragaan di Gedung Mahligai Betason DPRD Bangka Barat, Jumat (14/01/2022).

Dengan adanya Raperda keolahragaan yang akan mengatur sistem keolahragaan di Kabupaten Bangka Barat ini maka akan lebih menjamin dan memperkuat pelaksanaan keolahragaan yang selama ini tidak diperkuat dengan ikatan payung hukum perda.

Setidaknya dalam raperda keolahragaan ini ada 2 (dua) poin yang diatur mengenai atlet, pertama tentang perpindahan atlet dan kedua tentang atlet berprestasi agar mudah dapat pekerjaan.

Anggota DPRD Bangka Barat, Rubiansyah yang membacakan hasil kerja pansus di rapat paripurna menerangkan bahwa dalam Undang-undang (UU) nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan Nasional ditegaskan olahraga termasuk bagian dari proses dan pencapaian tujuan pembangunan nasional.

"Sehingga keberadaan dan peran olahraga dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus ditempatkan pada kedudukan yang jelas dalam sistem hukum nasional," Rubiansyah.

Diungkapkannya bahwa sudah saatnya pemerintah daerah memperhatikan bidang keolahragaan secara menyeluruh dengan memperhatikan semua aspek terkait.

Dengan menyiapkan instrumen hukum ini dinilai akan mampu mendukung kelembagaan, pembinaan, pengembangan, pendanaan keolahragaan dan sebagainya.

Dalam perda keolahragaan tersebut dipaparkan ada beberapa draf yang mendapatkan penambahan yaitu, pertama Bagian kedua pasal 45 membuat aturan yang jelas tentang perpindahan atlet ke daerah lain, dan kedua Bab XIV pasal 90 penghargaan bagi atlet yang berprestasi dengan memberi kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta.(rul/wb) 




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE