Sambut Imlek 2573, Warga Tionghoa Mulai Bersihkan Patung Dewa-dewi

Firman    •    Rabu, 26 Januari 2022 | 21:21 WIB
Nasional
Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan bersih-bersih patung dewa-dewi pada Rabu (26/1/2022).(fn/wb)
Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan bersih-bersih patung dewa-dewi pada Rabu (26/1/2022).(fn/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com-- Jelang Tahun Baru Imlek 2573, sejumlah Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan bersih-bersih patung dewa-dewi pada Rabu (26/1/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan warga Tionghoa, guna menyambut Tahun Baru Imek, yang jatuh tepat 1 Februari 2022 mendatang.

Selain itu juga kegiatan yang wajib dilakukan secara gotong royong oleh warga Tionghoa itu sebagai wujud kebersamaan dan suka cita dalam menyambut hari yang paling dinanti masyarakat Tionghoa di seluruh dunia.

Salah satu Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkapinang, Taufik Salim mengatakan, kegiatan bersih-bersih patung patung dewa-dewi di setiap Klenteng ini wajib dilakukan menjelang Imlek.



"Ini kegiatan wajib setiap tahun, dan selalu kami lakukan, karena mereka kan pelindung kita, kalau dibiarkan belepotan kan gak sampai hati lihatnya, jadi harus dibersihkan biar rapi," ungkap Taufik Salim.

Dirinya mengaku, patung-patung yang dibersihkan ini harus dengan sangat hati-hati menggunakan sebuah kain yang lebih dulu dibasahi dengan air, bercampur daun macau.

Selain menggunakan kain yang dibasahi juga menggunakan kuas untuk membersihkan bagian sisi yang tidak terjangkau kain, dan tahun ini merupakan Tahun Macan Air, dan perayaan menyambut Tahun Macan Air ini digelar secara meriah,

"Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, perayaan Imlek tahun ini harus tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, saya kira perayaan tahun baru Imlek kali ini tidak semeriah seperti tahun lalu, karena situasi belum memungkinkan, dan kami imbau tetap patuhi prokes, atraksi barongsai yang biasanya kami gelar mungkin tahun ini tidak ada," tuturnya.

Tidak hanya itu Taufik mengungkapkan Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang ini merupakan salah satu Kelenteng tertua di Pulau Bangka.

"Kelenteng Kwan Tie Miau ini merupakan Kelenteng yang tertua di Kota Pangkapinang, usianya di perkirakan lebih dari 200 tahun," ungkapnya.

Taufik menambahkan, Kelenteng Kwan Tie Miau yang berpusat di Kota Pangkapinang ini merupakan kelenteng pusat perayaan menyambut Imlek.

"Biasanya, kelenteng ini menjadi pusat perayaan menyambut Tahun Baru Imlek di Kota Pangkalpinang, dan pertunjukan barongsai biasanya selalu digelar di sana serta menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar," ucap Taufik Salim.(fn/wb)





MEDSOS WOWBABEL