Pemerintah Dorong Hilirisasi Komoditas Unggulan, Dari CPO Hingga Timah

Abeng    •    Kamis, 10 Februari 2022 | 15:25 WIB
Nasional
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemerintah akan terus mendorong program hilirisasi komoditas unggulan, seperti CPO, nikel, bauksit, tembaga, hingga timah. Langkah ini untuk mengakselerasi kinerja ekspor Indonesia dan memanfaatkan momentum kenaikan komoditas unggulan. 

“Untuk mengakselerasi kinerja ekspor dan memanfaatkan momentum yang ada, Pemerintah akan terus mendorong program hilirisasi komoditas unggulan, seperti CPO, nikel, bauksit, tembaga, hingga timah. Di samping itu, investasi pada industri 4.0 juga akan terus ditingkatkan sehingga produk-produk ekspor Indonesia ke depan semakin berdaya saing dan bernilai tambah tinggi,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers tertulisnya awal pekan lalu.  

Airlangga mengungkapkan optimisme tren pemulihan ekonomi nasional pada 2022 bakal berlanjut. Hal itu tak terlepas dari meningkatnya aktivitas ekonomi dunia yang telah mendorong tingginya permintaan pasar. Peningkatan aktivitas ekonomi dunia itu membuat kenaikan harga komoditas esensial dan berdampak pada kenaikan inflasi global.

Dia menyakini output manufaktur Indonesia ke depan semakin bertumbuh. Hal ini pada akhirnya diharapkan menopang prospek permintaan barang ekspor yang akan terus meningkat.

Terlebih lagi, IHS Markit mencatat bahwa pesanan barang ekspor Indonesia di Januari 2022 merupakan rekor kenaikan tertinggi jika dibandingkan dengan periode bulan Januari sejak survei PMI dijalankan.

Pada Laporan Purchasing Managers’ Index (PMI) yang diterbitkan IHS Markit, output sektor manufaktur Indonesia kembali di posisi ekspansif sebesar 53,7 pada Januari 2022, lebih tinggi dari bulan Desember 2021 yang mencapai 53,5. Dengan demikian, sektor manufaktur melanjutkan level ekspansi selama lima bulan berturut-turut dan masih mengungguli beberapa negara Asean seperti Thailand (51,7), Filipina (50,0), dan Myanmar (48,5). (*)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL