Berikut Kronologis Ungkap Kasus Tujuh TKP Pencurian di Bangka

Dwi H Putra    •    Rabu, 23 Februari 2022 | 15:49 WIB
Lokal
Caption: Polres Bangka berhasil menangkap para pelaku Curat di Tujuh Tempat. (IST)
Caption: Polres Bangka berhasil menangkap para pelaku Curat di Tujuh Tempat. (IST)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Akhirnya pelarian para pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) di tujuh tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah hukum Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) selesai. 

Empat orang pelaku diantara dua orang dewasa dan dua anak-anak, diamankan Tim Kelambit Polres Bangka dan Tim Panther Polres Bangka Selatan (Basel) di dua kabupaten. 

Kronologis terungkapnya kasus pencurian di tujuh TKP ini bermula, pada Senin (21/2/2022) pukul 08.00 WIB, Tim Kelambit Polres Bangka yang di pimpin Aipda Nanang, mendapatkan informasi tentang pelaku di wilayah Basel, berbekal informasi tersebut tim langsung menuju Toboali.

Kemudian, sekitar pukul 11.00 WIB tim berkordinasi dengan Tim Panther Polres Basel dan melakukan penyelidikan dan melakukan profailing serta mencari informasi keberadaan pelaku dengan masyarakat. 

Lalu, pada Selasa (22/2/2022) sekitar pukul 00.00 WIB, Tim Kelambit Polres Bangka mendapatkan informasi, pelaku yang berada di Basel sudah berpindah tempat ke Belinyu, Kabupaten Bangka. 

Dan berbekal informasi masyarakat sesuai ciri-ciri pelaku, sekitar pukul 02.00 WIB kemudian Tim Kelambit langsung bergerak menuju Belinyu dan melakukan penyelidikan, akhirnya sekitar pukul 05.00 WIB berhasil mengamankan dua orang pelaku atas nama Ego (29) warga Simpang Kepo Gang Garuda Desa Gadung, Kecamatan Toboali dan Ha (15) warga Kelurahan Mantung Belinyu yang berada dikontrakan Jalan Kapitan Mantung. 

Selanjutnya Tim Kelambit melakukan pengembangan sesuai pengakuan Ego, salah seorang rekannya telah melakukan pencurian dan pemberatan di enam TKP di wilayah Sungailiat dan Belinyu sedang berada di Toboali, Basel. 

Tim pun sekitar pukul 10.00 WIB kembali menuju ke Toboali dan berkoordinasi dengan Tim Panther, setelah melakukan penyelidikan kedua tim langsung menuju Desa Gadung tempat asal Ego, dan berhasil mengamankan Khoriul Baria (36) warga Dusun II Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin dan Re (17) warga Mantung Belinyu. 

Setelah diamankan dan dilakukan introgasi terhadap pelaku, mengakui bahwa telah melakukan pencurian dan pemberatan di tujuh TKP di wilayah Kecamatan Sungailiat dan Belinyu, diantaranya tanggal 16 Februari 2022 di Jalan Tanjung Gudang Belinyu berupa satu unit handphone VIVO Y20 2021, warna Nebule Blue, lalu di Nangnung Sungailiat berupa satu unit handphone Xiaomi Note 5a, satu unit handphone Oppo A16 warna Hitam Kristal, dan Gang Manggis kelurahan Bukit Ketok Belinyu berupa satu unit handphone  Oppo Reno 4 warna Hitam. 

Kemudian, tanggal 19 Januari 2022 di Kelurahan Bukit Ketok Belinyu berupa satu unit handphone Vivo Y 15 warna Phantom Balck, tanggal 30 Januari 2022 di Kampung Kapitan Kelurahan Mantung Belinyu berupa satu unit handphone Vivo Y93 warna Starry Black, satu unit handphone Oppo A71 (2018) warna Emas. 

Lalu tanggal 20 Januari 2022 di PMD Belinyu berupa satu unit handphone Samsung Core warna merah dan di Gunung Muda berupa satu unit handphone Vivo serta satu unit Oppo Reno.

"Selain empat pelaku ini sejumlah barang bukti juga diamankan seperti handphone, pahat dan obeng serta sepeda motor yang digunakan pelaku dalam beraksi," tukas AKP Ayu. 

"Para pelaku ini dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan pemberatan, saat ini pelaku masih dalam proses pemeriksaan di Mapolres Bangka," pungkasnya. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL