Dibantu PT Timah Tbk, Ujang Makin Pede Berbisnis Aquascape

ADVERTORIAL    •    Jumat, 25 Februari 2022 | 11:48 WIB
Ekonomi
Usaha aquascape milik Ujang di kawasan Jalan Depati Hamzah, Bacang, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.(ist)
Usaha aquascape milik Ujang di kawasan Jalan Depati Hamzah, Bacang, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2019 belum juga usai hingga saat ini, membuat masyarakat dihadapkan dengan banyak keterbatasan. Kendati demikian banyak cara yang bida dilakukan untuk mendapatkan hiburan dan mengurangi penat serta kejenuhan.

Nah, salah satu hobi yang semakin populer saat pandemi adalah aquascape atau seni menghias akuarium dengan tanaman maupun hewan untuk menghadirkan pemandangan yang indah. Selain sebagai hobi, bisnis aquascape ini cukup menjanjikan.

Aquarium kini tidak hanya dijadikan sebagai media untuk tempat memelihara ikan saja. Namun juga dijadikan sebagai wadah menyalurkan seni estetika di dalam air.

Ujang Hasan Nurdin salah satunya, pemilik Rinjani Aquascape PGK yang pada awalnya hanya hobi membuat aquascape. Namun kini hobinya itu telah menjadi sumber penghasilannya.

Ia telah belajar mengenai aquascape pada tahun 2016.  Dimana, pada saat itu belajar mengenai aquascape sangat sulit ditemukan.

Ujang menceritakan, usaha squascape menbutuhkan modal yang tidak sedikit.  Terlebih lagi pembayaran dilakukan ketika aquascape telah selesai dikerjakan, sehingga membuat Ujang harus mempunyai modal awal yang cukup besar.

Semula ia sempat terkendala modal, namun akhirnya dirinya memanfaatkan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) dari PT Timah Tbk.

Diakuinya, setelah bergabung dengan program PUMK PT Timah Tbk membuat Ia lebih percaya diri karena bahan untuk membuat aquascape sudah lengkap dan tidak bingung lagi untuk memikirkan modal di awal.

"Setelah bergabung menjadi mitra binaan PT Timah saya lebih percaya diri karena tidak bingung untuk memikirkan biaya membeli bahan-bahan yang cukup banyak. Terlebih lagi kalau ingin membeli sebuah bahan harus langsung banyak dan tidak bisa hanya membeli satu persatu bahan,” tambahnya.

Menurutnya, bahan untuk membuat aquascape itu tergantung tema yang diinginkan. Ada tema yang memiliki bahan yang banyak dan ada tema yang tidak rumit



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL