Wow Pulau Belitung Miliki Penangkaran Rusa Sambar

ADVERTORIAL    •    Selasa, 01 Maret 2022 | 20:35 WIB
Lokal
PT Timah Tbk bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan melakukan pemindahan sepuluh ekor indukan Rusa Sambar ke lokasi penangkaran di Tambang Besar Batu Besi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Selasa (1/3/2022). (ist)
PT Timah Tbk bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan melakukan pemindahan sepuluh ekor indukan Rusa Sambar ke lokasi penangkaran di Tambang Besar Batu Besi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Selasa (1/3/2022). (ist)

DAMAR,www.wowbabel.com -- PT Timah Tbk bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan melakukan pemindahan sepuluh ekor indukan Rusa Sambar ke lokasi penangkaran di Tambang Besar Batu Besi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Selasa (1/3/2022). 

Sebelumnya PT Timah Tbk telah memiliki izin penangkaran Rusa Sambar dan Kijang dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melakukan penangkaran rusa sambar dan kijang di tiga lokasi yakni di Pangkalpinang, Bangka Barat dan Belitung Timur. 

Sebagaimana diketahui Rusa Sambar (Rusa Unicolor) merupakan salah satu satwa yang dilindungi. Rusa Sambar memiliki ciri khas yakni tubuhnya berukuran lebih besar dibandingkan rusa jenis lainnya. Warna bulunya yang kecokelatan dan ada juga yang berwarna abu-abu atau cokelat dan merah. 

Rusa Sambar juga memiliki ciri khas lainnya yakni tanduk yang panjang, namun tanduk ini hanya dimiliki oleh Rusa Sambar Jantan. 

Untuk menambah jenis populasi satwa liar di Pulau Belitung, PT Timah Tbk melakukan penangkaran rusa sambar di daerah itu. Selain itu, penangkaran rusa sambar ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat.

Nantinya, PT Timah Tbk akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukamandi Sejahtera Bersama (SSB), Desa Sukamandi, Kabupaten Belitung Timur untuk mengelola penangkaran Rusa Sambar. 

Direktur Bumdes SSB Sejahtera Bersama Desa Sukamandi Tamzir mengatakan, sesuai komitmen bersama dengan PT Timah Tbk, mereka diberikan kepercayaan oleh PT Timah Tbk untuk mengelola penangkaran itu.

"Harapan kedepannya menjadi suatu aset nasional yang kami pertahankan dan kami kembangkan semaksimal mungkin," kata Tamzir.

Kedepannya, kata dia kawasan penangkaran rusa ini dapat dijadikan kawasan percontohan yang dapat dijadikan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Belitung Timur. 



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL