Kampung Amoi, Cara PT Timah Tbk Geliatkan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Tanjung

ADVERTORIAL    •    Minggu, 13 Maret 2022 | 15:23 WIB
Lokal
Kampung Amoi Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Program ini merupakan upaya PT Timah Tbk untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dengan potensi yang dimiliki. (ist)
Kampung Amoi Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Program ini merupakan upaya PT Timah Tbk untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dengan potensi yang dimiliki. (ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kampung Amoi, jika kita mendengar nama ini mungkin yang terlintas dibenak seperti nama tempat. Nah, Kampung Amoi bukanlah nama tempat melainkan nama program pemberdayaan masyarakat  yang dijalankan PT Timah Tbk. Kampung Amoi merupakan akronim dari Agro Mandiri dan Terintegrasi (Amoi). 

Di Kampung Amoi ini PT Timah Tbk bersama Gapoktan Tanjung Jaya melaksanakan kegiatan pertanian yang terintegrasi dengan peternakan yang dilaksanakan di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Program ini merupakan upaya PT Timah Tbk untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dengan potensi yang dimiliki. 

Program yang digagas PT Timah Tbk di tahun 2021 ini, diawali dengan dibangunnya rumah pembibitan tanaman, peternakan ayam, dan pengolahan kompos. Dimana kegiatan ini turut melibatkan masyarakat sekitar. 

Sekretaris Kampung Amoi, Rachmad (34) menyampaikan ada banyak manfaat ekonomi yang mereka dapatkan dari program Kampung Amoi ini. 

Ia menyebutkan, selain didirikannya kandang ayam yang menghasilkan telur dan daging ayam, kotoran ternak ayam juga dimanfaatkan untuk dibuat pupuk kompos.

Kompos yang diperoleh ini dimanfaatkan untuk memberikan nutrisi kepada tanaman yang berada di rumah pembibitan. Dimana nantinya tanaman itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari maupun dijual untuk bahan baku UMKM. 

Rachmad menceritakan, setelah dibentuk kampung Amoy anggota GAPOKTAN merasa banyak manfaat yang diberikan setelah mengelola  Kampung Amoi PT Timah.

"Selain memberikan penghasilan tambahan untuk anggota Gapoktan, dari penjualan bibit  tanaman dan hasil ternak ayam, anggota juga mendapatkan bibit serta pupuk untuk tanamannya. PT Timah selalu melibatkan Kampung Amoi setiap kali ada kegiatan reklamasi,” katanya

Ia menyebutkan, selain melakukan ternak ayam, pihaknya juga mulai mengembangkan budidaya lele. Untuk bibit, kata dia pihaknya menyediakan bibit manggrove, cemara, jambu mete,  buah-buahan. 



MEDSOS WOWBABEL