Kasus Cabul Terhadap Anak Marak, Kapolres Basel Keluarkan Warning Bahaya

Aston    •    Rabu, 16 Maret 2022 | 17:11 WIB
Lokal
Caption: Polres Bangka Selatan saat konfrensi Pers tentang pelecehan seksual anak. (as/wb)
Caption: Polres Bangka Selatan saat konfrensi Pers tentang pelecehan seksual anak. (as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Kapolres Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Joko Isnawan menanggapi maraknya kasus kekerasan seksual pada anak di Bangka Selatan. Ia menyebutkan kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur sudah masuk kategori bahaya. 

Pernyataan kapolres tersebut berdasarkan tingginya laporan kasus kekerasan seksual pada anak di bawah umur yang diterima pihaknya. Tercatat sudah ada tiga laporan polisi diterima pihaknya sepanjang 2022.

" Sejauh ini di awal Tahun 2022 sudah ada tiga LP (laporan polisi) saya merasa sudah sangat tinggi jadi ini cukup berbahaya," Kata Joko Isnawan dalam konferensi pers ungkap kasus baru pencabulan terhadap anak di bawah umur, Rabu (16/3/2022) di Mapolres Bangka Selatan. 

Ia mengatakan, tindak pencabulan terhadap anak kerap terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal korban, dan dilakukan oleh orang-orang yang sudah kenal dengan korban.

Ia pun mengimbau para orang tua agar selalu waspada terhadap keberadaan orang-orang di sekitar, serta rutin memantau aktivitas anak saat berada di luar rumah.

"Jangan mudah percaya sama orang lain, apalagi sama orang yang tidak kita kenal," imbuhnya.

Menurut Jokis sapaan akrab Joko Isnawan, perlu  upaya preventif untuk menekan angka kejahatan seksual pada anak. Di antaranya melakukan sosialisasi kepada masyarakat bersama pihak-pihak terkait.

"Anak itu juga harus tau mana yang sudah mengarah tindakan pencabulan," jelasnya

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berperan dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur di lingkungan masing-masing.

"Bukan hanya polisi saja yang melakukan penindakan, tapi kegiatan pencegahannya yakni preventifnya harus kita lakukan bersama," tukasnya. (as/wb)



MEDSOS WOWBABEL