BPS Bangka Belitung Siapkan Sensus Pertanian 2023

Robby_Salim    •    Selasa, 22 Maret 2022 | 16:51 WIB
Nasional
Statistisi Madya BPS Provinsi Bangka Belitung, Aja Nasrun.(ist)
Statistisi Madya BPS Provinsi Bangka Belitung, Aja Nasrun.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com – Pemprov Bangka Belitung memberikan fasilitasi kepada pengusaha tambak udang yang berinvestasi di Babel. Fasilitasi ini terkait sejumlah perizinan yang dianggap pengusaha menghambat proses pembangunan dan lain sebagainya. 

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengakui memang pengusaha selama ini mudah mendapatkan proses perizinan di tingkat provinsi, namun hal itu tidak mungkin lagi mengambil kebijakan dari pusat.

"Kami inikan ingin mempermudah investasi supaya dapat menampung tenaga kerja, jadi tidak serta merta disanksi, tapi diberikan dulu pemahaman sosialiasi supaya dapat dipenuhi perizinannya," tukasnya. 

"Ini lah salah satu tujuan sosialisasi ini," paparnya. 

Statistisi Madya BPS Provinsi Bangka Belitung, Aja Nasrun mengatakan BPS pada tahun 2022 ini sedang meyiapkan rangkaian pelaksaan Sensus Pertanian ST2023.

“Kita berharap para pelaku usaha pertanian khususnya usaha udang tahun depan dapat menerima petugas kita dan melalui OSS RBA yang tersedia di DMPTSP diperoleh prelist usaha pertanian yang lebih akurat sebagai dasar pecacahan tahun depan,” tutur Aja

Dalam paparanya, Aja menjelaskan Sensus Pertanian 2023 dirancang agar hasil yang diperoleh berstandar internasional. Sensus Pertanian berstandar Internasional mengacu kepada program FAO yang dikenal dengan: World Programme for the Census of Agriculture (WCA).

“Kegiatan pertanian yang dicakup meliputi tujuh subsektor, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian,” tukas Aja.(rob/wb)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL