Rayakan Hari Jadi ke-32, IPHI Babel Berbagi dengan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

ADVERTORIAL    •    Selasa, 22 Maret 2022 | 20:09 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi  Rosman.(ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

MENDOBARAT,www.wowbabel.com -- Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Bangka Belitung rayakan hari jadinya yang ke-32, di Pondok Pesantren Al Islam, Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Selasa (22/03/22). 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang juga sekaligus Ketua Pengurus Wilayah (PW IPHI) Babel dalam sambutan mengatakan, peringatan hari jadi IPHI ke-32 tahun 2022 merupakan momentum yang sangat baik, karena secara serentak di seluruh Indonesia, IPHI dapat berbagi kepada anak yatim dan kaum dhuafa sebanyak 32.000 orang. 

"Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kegiatan hari jadi IPHI dipusatkan di Pesantren Al Islam, dengan tujuan supaya pesantren ini terus berkembang dan terus memberikan manfaat, dalam rangka memperkuat SDM kita," ungkap gubernur. 

Untuk itu gubernur berpesan kepada Ketua Pengurus Daerah IPHI Bangka H Tarmizi Saat, agar terus berkolaborasi dengan pengurus Pondok Pesantren maupun Pengurus IPHI Babel di bidang pemberdayaan masyarakat, sebagai upaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat. 

"Insya Allah, saya sudah dititip zakat dari hamba Allah sebesar Rp 100 juta. Dan tolong uang ini dimanfaatkan untuk dana wakaf, dalam rangka pemberdayaan masyarakat kita yang tidak mampu dan gunakanlah sebagai modal untuk mereka berusaha, terlebih dalam rangka menyongsong Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, " ujarnya. 

Menurut gubernur, IPHI Babel harus mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai salahsatu wujud dari kemambruran seorang Haji. 

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat IPHI, H Ismed Hasan Putro menuturkan, pada peringatan hari jadi  IPHI ke-32 ini mengambil tema "Haji mambrur sepanjang hayat, untuk Indonesia sejahtera dan berkeadilan". Tema itu merupakan bentuk kontribusi IPHI, dalam mengatasi permasalahan bangsa. 

"Pemberian santunan kepada 32.000 anak yatim dan kaum dhuafa merupakan gerakan bentuk kepedulian IPHI kepada masyarakat yang kurang mampu, sekaligus membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan kemiskinan," ujar Ismed. 

Gerakan haji berbagi merupakan wujud konsolidasi dan solidaritas organisasi IPHI, sebagai perkumpulan alumni haji dan calon haji, untuk merawat haji mabrur sepanjang hayat. 

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia, H Edison Taher kepada awak media menuturkan, kegiatan hari jadi IPHI diperingati secara serentak se-Indonesia. Sedangkan untuk tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipusatkan di pesantren Al-Islam, Desa Kemuja. 

"Momen hari jadi IPHI ke-32 yaitu berbagi sebanyak 32.000 anak yatim dan dhuafa. Sedangkan IPHI Babel, hari ini membagikan sebanyak 1000 orang anak yatim, yang dilakukan secara simbolis kepada penerima santunan sebanyak 300 orang untuk Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah. Selanjutnya akan dibagikan kepada kabupaten lain, masing- masing anak menerima santunan sebesar Rp 200.000. Dana tersebut diperoleh dari Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ," ujar Edison Taher. 

Kegiatan ini serentak disiarkan secara langsung melalui jaringan zoom dan live youtube Haji News TV. Gubernur Babel selaku Ketua IPHI Babel, mendapat urutan pertama dalam penyerahan santunan, selanjutnya diikuti oleh provinsi lain. 

Hadir dalam kegiatan ini Pengurus IPHI Babel, para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.(adv/*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL