Bangun Generasi Muda Unggul Berlandaskan Nilai Pancasila

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 31 Maret 2022 | 20:28 WIB
Opini
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

Oleh : Dita Aulia (Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung)


Generasi muda adalah jiwa yang dimana memiliki peranan penting dalam pembaruan dan progresif. Kaum pemuda juga merupakan sebagai suatu agen perubahan ( Agent Of Change) yang dimana memiliki peranan yang sangat penting dan menjadi pusat dalam kemajuan bangsa. 

Sebagai generasi penerus bangsa para pemuda memiliki tugasnya dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila sebagai landasan dalam upaya penguatan karakteristik guna mendukung kemajuan Indonesia dimasa mendatang.

Indonesia memerlukan para generasi muda yang unggul dan cerdas, lalu tentunya sebagai para pemuda kita wajib ikut berkontribusi guna mewujudkan Impian Indonesia dengan cara terus meningkatkan literasi di segala bidang, ikut berkontribusi memajukan Indonesia dengan cara sederhana yaitu dengan menjadi relawan. 

Indonesia kaya akan produk-produk dalam negeri oleh sebab itu sebagai Agent Of Development para pemuda harus bangga dengan produk produk hasil karya negeri sendiri guna mendukung produk lokal Indonesia, generasi muda juga harus mampu membuka pemikiran serta menerima setiap pengalaman baru yang ada. Sebagai generasi penerus bangsa di era digital seperti saat ini, tentunya pengaruh globalisasi sangat pesat oleh karena itu para pemuda harus mampu menjunjung tinggi nilai nilai peradaban bangsa. 

Selain itu pemuda harus mempunyai moralitas baik, dapat bertanggung jawab serta menjaga tradisi yang tertanam sedari dulu. Namun dalam menanamkan nilai nilai implementasi pancasila tentunya tidak mudah dikarenakan pada era globalisasi saat ini sering kali para generasi muda meniru hal hal dari kebudayaan barat yang sebenarnya kebudayaan dari luar tidak sesuai dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. 

Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan hal itu, dimana jika kebudayaan tersebut dapat memicu generasi muda sebagai penerus bangsa menjadi para pemuda yang kurangnya sikap nasionalisme dan kurangnya nilai nilai pancasila yang tertanam di diri setiap generasi mudah. 

Maka dari itu para generasi muda harus mampu menguatkan pondasi dengan nilai nilai pancasila dalam menghadapi arus globalisasi yang kian pesat di masa saat ini, supaya generasi penerus bangsa tetap menjaga kualitasnya agar tetap unggul dan tetap berbudi leluhur serta memiliki moralitas yang baik untuk dimasa mendatang.

Nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan sejak dini agar jika nanti generasi muda beranjak remaja mereka akan mengerti apa saja hal hal dan perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila. Serta menanamkan sikap patriotisme dan nasionalisme dari dini sangat perlu agar mereka sebagai generasi muda penerus bangsa dapat terus melanjutkan perjuangan para terdahulu serta bangsa Indonesia. 

Selain itu pada saat ini tidak hanya para generasi muda saja yang berperan, namun pihak yang lain juga berperan sebagai pengayom para generasi muda sebagai penasihat serta memberi pembinaan tentang identitas bangsa Indonesia yang harus tetap di pegang teguh milenial.

Oleh sebab itu sebagai Agent Of Change, keberhasilan suatu negara dapat dilihat dari kualitas pemuda bangsanya, karena yang paling banyak berperan penting dalam pembangunan bangsa Indonesia ialah para generasi muda saat ini, yang tentunya para penerus bangsa harus mampu berdiri tegap di tengah era globalisasi dan memegang teguh prinsip dan nilai nilai peradaban bangsa serta nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila.(*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL