Harga Logam Timah Melonjak Lagi

Tim_Wow    •    Sabtu, 02 April 2022 | 10:15 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com.-- Harga timah berjangka London Metal Exchange (LME) melonjak ke level US$ 44.000 per metrik ton pada jeda interday kemarin, Jumat (1/4/2022).  Timah bersama logam dasar bergerak naik sebelum ditutup US$ 43.423 per metrik ton.

Harga timah dan sebagian besar logam dasar naik pada hari Jumat di tengah kekhawatiran bahwa aktivitas pabrik yang lemah dan penguncian COVID-19 di pasar logam utama Cina akan mengurangi permintaan.

Logam dasar di  Shanghai sebagian besar ditutup dengan kerugian karena permintaan masih tertahan oleh pandemi di Cina. Tembaga Shanghai turun 0,52%, Aluminium turun 0,7%, Timbal turun 0,41%, Seng datar, Timah turun 0,89%, dan Nikel turun 1,84%.

Aktivitas pabrik Cina merosot pada laju tercepat dalam dua tahun di bulan Maret, data menunjukkan, sementara pusat komersial Cina di Shanghai terhenti pada hari Jumat setelah pemerintah mengunci sebagian besar dari 26 juta penduduk kota itu.

Hanya harga tembaga LM yang  bergerak dari posisi terendahnya, dan logam lainnya naik di tengah kekhawatiran terus-menerus tentang dampak pada pasokan dari konflik Ukraina dan mengakibatkan harga energi yang tinggi.

"Fundamental hanya semakin ketat secara global, sehingga pasar logam dasar kemungkinan akan tetap cukup ketat dan harga harus didukung," kata Fu dari BCI.

Investor juga berhati-hati menjelang laporan pekerjaan AS pada hari Jumat yang dapat meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin oleh Federal Reserve AS bulan depan.  (*)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL