Honorer Bangka Tengah Baru Terima THR H-1 Jelang Lebaran

Herdian wow    •    Kamis, 28 April 2022 | 17:05 WIB
Lokal
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

KOBA, wowbabel.com -- Penantian yang ditunggu-tunggu oleh Pegawai Kontrak Kegiatan (PKK) akhirnya berbuah manis dimana Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1443 H di Kabupaten Bangka Tengah baru dicairkan H-1 Lebaran.

Sempat bertanya-tanya mengapa THR PKK sampai saat ini belum cair sementara THR untuk ASN sudah duluan cair padahal Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Redhatama mengatakan untuk THR para PKK baru bisa dicairkan pada awal bulan Mei nanti

Hal tersebut dilakukan lantaran pembayaran THR bagi PKK di Kabupaten Bangka Tengah dibayar serempak bersamaan dengan gaji pokok yang memang biasanya dibayarkan setiap awal bulan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Pembayaran THR itu sistemnya melekat dengan gaji pokok dan tidak bisa dipisah, sudah aturannya begitu. Jadi, enggak mungkin mau kita bayarkan bulan ini (April-red). Karena enggak bisa dalam satu bulan itu ada dua kali pencairan gaji pokok," ucapnya, Kamis (28/4/2022)

Oleh karena itu, Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang kebetulan bertepatan pada awal bulan Mei itu membuat pihaknya akan mempercepat pencairan gaji pokok+THR secepat mungkin.

"Biasanya untuk pembayaran gaji pokok honorer di Bangka Tengah ini dilakukan setiap awal bulan sekitar tanggal 1-5," jelasnya. 

Ia melanjutkan dikarenakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, jatuh pada tanggal 2. pihaknya telah mengusahakan tanggal 1 Mei 2022 nanti, THR PKK tersebut sudah cair.

"Kami juga sudah koordinasikan dengan pihak Bank agar hak PKK tersebut bisa dibayarkan meskipun memang sudah waktu libur cuti lebaran," pungkasnya.

Adapun jumlah THR yang akan diterima oleh tenaga honorer di Kabupaten Bangka Tengah adalah sebesar Rp 1 juta, sama seperti tahun sebelumnya.

"Saat ini, kami sudah menerima pengajuan pencairan gaji pokok+THR tersebut dari masing-masing bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kami usahakan tanggal 1 Mei nanti sudah cari semuanya, karena ini juga instruksi langsung dari pimpinan," tandasnya.  (her/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL