7 Amalan di Hari Raya Idul Fitri 2022 Agar Mendapatkan Limpahan Berkah

Tim_Wow    •    Senin, 02 Mei 2022 | 06:04 WIB
Nasional
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Amalan sepanjang bulan Ramadan tentu banyak sekali yang bisa dilakukan. Amalan di hari raya Idul Fitri sebenarnya juga cukup bervariasi. Yang pasti, setiap amalan ini wajib dilandasi dengan niat ikhlas, sehingga bisa menjadi berkah.

Amalan di Hari Raya Idul Fitri

Nah untuk memberikan pengetahuan tentang amalan di hari raya Idul Fitri, berikut daftar yang bisa Anda gunakan.

1. Berjabat Tangan

Jabat tangan menjadi salah satu amalan di hari raya Idul Fitri yang bisa dilakukan. Hal ini tercantum dalam hadits dari Barra Bin ‘Azib, yang diterjemahkan :

Dari Al-Barra bin ‘Azib, Rasulullah SAW bersabda : "tidak semata-mata dua orang Islam bertemu dan saling berjabatan tangan kecuali Allah mengampuni keduanya sebelum keduanya berpisah" (HR. Abu Daud, Tirmizi, dan Ibnu Majah).

2. Bertahniah atau Mengucapkan Selamat

Disunnahkan pula untuk bertahniah atau mengucapkan selamat lebaran pada hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha, sebab keduanya merupakan hari yang dirayakan umat Islam.

3. Membedakan Jalan Pergi dan Pulang

Amalan di hari raya Idul Fitri selanjutnya adalah membedakan jalan pergi dan pulang, sehingga bisa berkesempatan bertemu dengan banyak orang. Hal ini juga agar amalan lain bisa dilaksanakan, sehingga memperbanyak berkah.

4. Mandi

Amalan di Hari Raya Idul Fitri ini mengacu pada Abdullah Ibnu Umar Ibnul Khattab Radhiyallahu Anhu mandi pada hari raya Idul Fitri sebelum berangkat shalat. Memang, amalan ini tidak langsung mengacu pada apa yang dilakukan Rasulullah SAW. Namun hal ini banyak dilakukan sahabat nabi.

5. Menggunakan Wewangian

Amalan yang selanjutnya adalah menggunakan wewangian. Hal ini disunnahkan, agar ketika bertemu orang lain dapat memberikan kesan yang nyaman dan membawa kebahagiaan untuk semua orang.

6. Berpakaian Terbaik

Amalan di Hari Raya Idul Fitri satu ini yang sering disalah-artikan oleh banyak orang, dengan membeli baju baru. Memang, baju baru bisa termasuk dalam pakaian terbaik yuang digunakan saat lebaran. Namun pakaian terbaik tidak selalu berarti baju baru. Selama pakaian tersebut sudah dibersihkan dan merupakan terbaik yang dimiliki, maka amalan ini sudah sah dilakukan.

7. Takbir

Bertakbir menjadi amalan saat hari raya Idul Fitri selanjutnya. Hal ini disunnahkan, dan tercantum pada masyru’iyah dari sunnah nabawiyah.(*)

Sumber;suara.com




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL