Gudang Buah Melly Ludes Dilalap Jago Merah

Ginta Gusti Pranata    •    Rabu, 04 Mei 2022 | 22:16 WIB
Lokal
Sejumlah petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api yang membakar Gudang Buah Melly di Kota Pangkalpinang.(gn/wb)
Sejumlah petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api yang membakar Gudang Buah Melly di Kota Pangkalpinang.(gn/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Rabu malam (4/5/2022), kebakaran kembali terjadi di area Pasar Induk Kota Pangkalpinang. Peristiwa kebakaran tersebut menghanguskan sebuah gudang distributor buah dan satu unit mobil berjenis truk.

Kobaran api dengan cepat berhasil melalap hampir seluruh gudang buah milik Melly dalam hitungan jam. Kuat dugaan, api cepat menyambar lantaran isi gudang tersebut adalah tumpukan peti buah yang terbuat dari bahan papan. 

Sampai saat ini Petugas Pemadam Kebakaran masih memadamkan sisa-sisa api yang masih menyala.

Kasatpol PP Kota Pangkalpinang, Efran ketika ditemui wowbabel di lokasi kebakaran, mengatakan pihaknya mendapat kabar bahwa telah terjadi kebakaran di Gudang Buah melalui Call Center kebakaran, Rabu (4/5/2022).

"Sekitar jam 6 lewat tadi kita mendapat laporan bahwa terjadi kebakaran gudang buah di Pasar Induk Kota Pangkalpinang,” kata Efran.

Lebih lanjut, Efran  mengatakan usai mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung bergerak meluncur ke lokasi untuk memadamkan api. Ia manambahkan untuk kebakaran gudang buah malam ini tidak menelan korban jiwa.

"Nah seperti yang kita lihat bahwa tim sedang berusaha untuk memadamkan api. Bahkan tadi ada satu orang yang terjebak di dalam dan sudah berhasil kita evakuasi. Tidak ada korban jiwa dalam hal ini," jelas Efran.

Dalam proses pemadamannya, Efran menuturkan pihaknya menurunkan sejumlah personil dari tiga Pos Damkar yang tersebar di Pangkalpinang  dengan membawa lima unit mobil damkar. Sedangkan untuk perbantuannya, pihaknya dibantu oleh satu unit mobil damkar Provinsi Bangka Belitung, serta satu unit mobil BPBD Kota Pangkalpinang.

"Personil dari 3 pos kita kerahkan semua. Termasuk semua armada kita kerahkan ke sini, Pemkot kita menurunkan 5 mobil totalnya. Kita juga berkoordinasi dengan pihak PLN. Sudah kita kordinasikan untuk dilakukan pemutusan listriknya," terang Efran.

Untuk penyebab api, Efran mengaku belum mengetahui secara persis asal titik api, serta total kerugian yang dihasilkan akibat kejadian naas malam ini.

"Yang pasti tugas kita hanya memadamkan api saja. Nanti kita mungkin akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengetahui penyebabnya seperti apa," ujar Efran.

Efran mengimbau Kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang untuk senantiasa waspada akan bahaya kebakaran.

"Kalau sebelum berpergian, segala sesuatunya harus diantisipasi, karna mencegah lebih baik daripada terjadi seperti ini," pungkas Efran 

Sementara itu, menurut kesaksian salah satu pedagang sayuran yang berjualan persis depan gudang buah, mengatakan api mulai terlihat ketika pukul 18.10 WIB. Ia menambahkan pada saat kejadian gedung buah tersebut sedang tidak beroperasi atau libur lebaran.

Ia menduga api berasal dari mobil truk yang parkir di depan gedung buah milik Melly. Api dengan cepat melahap mobil tersebut  karena isi muatan truk adalah peti buah jeruk yang terbuat dari kayu.(gn/wb)







BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL