Permintaan Logam Timah Melemah

Tim_Wow    •    Kamis, 05 Mei 2022 | 10:02 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Harga timah terus tertekan akibat permintaan yang melemah di Pasar Eropa. Harga timah berjangka di London Metal Exchange ( LME) ditutup turun menjadi US$ 40.250 per metrik ton pada Rabu (5/5/2022).  Sedangkan pasar logam dasar di Shanghai masih menjalani libur.

Fastmarkets mengutip beberapa sumber di pasar komoditas mengatakan permintaan yang stabil mendukung premi timah di Amerika Serikat dan Taiwan, sementara premi di Eropa turun karena melemahnya permintaan di benua itu.

"Timah LME  antara spot dan kontrak tiga bulan menyempit ke US$ 400 per ton. Premi AS dan Taiwan tetap stabil, dengan peningkatan harga yang mendukung permintaan lonjakan waran gudang AS sebagian besar disebabkan oleh impor," tulis Fastmarkets.

Kemarin, pergerakan harga logam dasar di LME bervariasi pada penutupan perdagangan setelah pasar bereaksi terhadap berita bahwa Uni Eropa mengusulkan larangan impor minyak Rusia.

Harga logam dasar juga dipengaruhi langkah pemerintah Cina  yang masih  berusaha menghentikan penyebaran Covid-19 setelah di  Shanghai ditutup ketat selama lebih dari sebulan.

"Situasi Covid yang memburuk adalah salah satu hambatan utama yang membebani logam," kata analis ING Wenyu Yao. 

Data dalam beberapa hari terakhir menunjukkan aktivitas manufaktur melambat atau berkontraksi di Cina, Amerika Serikat, dan Eropa. (*)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL