Genjot PAD Babel, Bakuda Gandeng Polda Babel untuk Optimalkan PAD

Firman    •    Rabu, 18 Mei 2022 | 12:12 WIB
Lokal
Caption: Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Keuangan Daerah Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Bakuda-Pemprov Babel) menggelar rapat terkait optimalisasi pendapatan asli daerah Provinsi Babel.  Rapat yang berlangsung di Gedung Rupattama Polda, Selasa (17/5/2022). (IST)
Caption: Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Keuangan Daerah Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Bakuda-Pemprov Babel) menggelar rapat terkait optimalisasi pendapatan asli daerah Provinsi Babel. Rapat yang berlangsung di Gedung Rupattama Polda, Selasa (17/5/2022). (IST)

PANGKALPINANG, wowbabel.com -- Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Keuangan Daerah Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Bakuda-Pemprov Babel) menggelar rapat terkait optimalisasi pendapatan asli daerah Provinsi Babel.

Rapat yang berlangsung di Gedung Rupattama Polda, Selasa (17/5/2022) kemarin, dipimpin langsung oleh Kapolda Babel Irjen (Pol) Yan Sultra Indrajaya, selain dihadiri Kapolda turut dihadiri oleh sejumlah Pejabat Utama Polda dan Kepala Bakuda Pemerintah Provinsi Babel.

Rapat yang membahas terkait optimalisasi pendapatan asli Daerah Provinsi Babel juga diikuti perwakilan Kepala UPT Samsat, Kapolres jajaran, Kasat Reskrim dan Kasat Lantas Polres jajaran melalui Video Conference.

Ditempat terpisah Kabid Humas Polda. Bangka Belitung Kombes (Pol) A. Maladi mengungkapkan, rapat yang digelar di Polda kemarin membahas terkait salah satunya yakni optimalisasi pendapatan Daerah Babel  dari Sektor Pajak Daerah.

"Rapat tersebut, sekaligus paparan Kepala Bakuda terkait dengan Intensifikasi dan Ekstensifikasi tunggakan PKB, PBBKB dan PAP serta Pendapatan Daerah," ungkap Maladi, Rabu (17/5/2022).

Dirinya juga menyebutkan dalam paparan tersebut, dijelaskan bahwa realisasi pendapatan asli daerah Bangka Belitung pada tahun 2022 dari Sektor Pajak Daerah belum optimal.

Terhitung dari bulan Januari sampai dengan bulan April Tahun 2022, Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pajak Daerah seperti Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama, Pajak Bahan Bakar, Pajak Air Permukaan dan Pajak Rokok belum terealisasi sesuai dengan target yang ditentukan.

"Maka dari itu, nantinya akan dibentuk satgas penarikan Pendapatan Daerah secara optimal di Provinsi Babel, terutama Pajak kendaraan bermotor yang belum tertarik, retribusi daerah, menjadi atensi juga seperti pajak air permukaan dan pajak-pajak lainnya," kata Maladi.

Sementara itu katanya, optimalisasi penerimaan pajak daerah dari Kabupaten atau Kota sampai dengan bulan April 2022 dari jenis pajak Bea Balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) terealisasi sebanyak 72 persen atau Rp99 miliar lebih dari target Rp138 miliar lebih.

Dari jenis pajak kendaraan bermotor (PKB) terealisasi sebanyak 36 persen atau 80 miliar lebih dari target 226 miliyar lebih. 

"Sedangkan jenis pajak air permukaan (PAP) terealisasi sebanyak 32 persen atau 4 miliyar lebih dari target 15 miliyar," ucapnya. (fn/wb) 



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL