Ratusan Barang Bukti Rampasan Dimusnahkan, Kejari Bangka Barat Blender Sabu Hingga Musnahkan Mesin TI

Chairul Aprizal    •    Rabu, 18 Mei 2022 | 13:39 WIB
Lokal
Caption: Kejari Bangka Barat memusnahkan alat tambang hasil rampasan. (rul/wb)
Caption: Kejari Bangka Barat memusnahkan alat tambang hasil rampasan. (rul/wb)

MUNTOK, wowbabel.com -- Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Wawan Kustiawan musnahkan ratusan barang bukti rampasan dan blender puluhan gram sabu-sabu, Rabu, (18/05/2022), di Kejaksaan Negeri Bangka Barat.

Kegiatan pemusnahan dihadiri oleh Kapolres Bangka Barat, dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Muntok, serta Kasi Barang Bukti Kejaksaan Negeri Bangka Barat.

Wawan menjelaskan barang bukti (BB) hasil rampasan yang dimusnahkan hari ini adalah BB yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) periode bulan November 2021-Mei 2022.

Sebanyak 430 barang rampasan dari total sebanyak 40 perkara yang terdiri dari 12  perkara narkotika dengan rincian sabu-sabu sebanyak 42,163 gram, ganja sebanyak 1.055,9500 gram, pil ekstasi sebanyak 3,546 gram, 16  perkara orang dan harta benda (Oharda), 12 (dua belas) perkara keamanan dan ketertiban umum (Kamtibum) dan tindak pidana umum lainnya (TPUL).

"Jadi beberapa jenis barang bukti ada ganja, ada sabu, ada pakaian itu perkara dari perlindungan anak, sajam penganiayaan, handphone, termasuk mesin tambang dari undang-undang minerba," terangnya.

Puluhan gram sabu dan pil ekstasi dimusnahkan dengan di blender, sedangkan ganja dan pakaian dimusnahkan dengan cara dibakar, dan handphone serta mesin tambang dihancurkan dengan tukul dan grenda.

Wawan tidak mempelajari lebih dalam mengenai pemusnahan pada tahun sebelumnya sehingga mengatakan tidak tahu adanya peningkatan atau penurunan jumlah BB rampasan dibandingkan sekarang.

"Saya tahun sebelumnya belum tahu ini cuma dari enam bulan itu ada dua belas perkara yang sudah inkracht, yang sudah berjalan masih ada," tukasnya. (rul/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL