Setelah Dua Tahun Tak Miliki Kades Definitif, 33 Desa Bangka Barat Bakal Gelar Pilkades Serentak

Chairul Aprizal    •    Rabu, 18 Mei 2022 | 14:48 WIB
Lokal
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Kabar gembira untuk 33 Desa yang sudah sekitar dua tahun berjalan dipimpin oleh seorang PJ Kepala Desa (Kades), akhirnya pemerintah kabupaten Bangka Barat akan menggelar Pilkades Serentak tahun 2022 ini.

Pilkades Bangka Barat sempat tertunda dua tahun belakangan ini sehingga sebagian besar pimpinan Kades di Bangka Barat dibantu oleh seorang penjabat (PJ).

"Tetapi instruksi dari kementerian tidak boleh melaksanakan Pilkades, mau tidak mau harus diundur, karena Pandemi Covid-19, seminggu sebelum tanggal dimulai kita batalkan, karena Covid-19, surat dari Mendagri," kata Kabid Pemerintahan Desa Dinsospemdes Bangka Barat, Izha Fajri.

Izha mengatakan rencana mulai tahapan akan dijadwalkan pada akhir bulan Mei, pencoblosan di minggu ketiga bulan Oktober dan pelantikan di bulan November.

"Secara kepastian belum dipastikan, karena itu kan baru rencana, kalau ketetapannya tinggal menunggu Pak Bup, dan sudah diusulkan," sebutnya, Selasa (17/05/2022).

Izha Fajri menyampaikan, Pilkades ini masih menunggu rapat awal dengan seluruh pihak berkepentingan seperti Kepolisian, Kejaksaan dan berbagai unsur lainnya.

Pilkades tahun ini diakui Izha sedikit terbebani karena akan digelar serentak dengan total 55  Desa se-bangka barat sekaligus.

Logistik Kotak surat suara yang digunakan untuk Pilkades nanti disebut Izha akan menggunakan bekas Pilkada Bangka Barat tahun 2020 lalu.

"Soalnya kalau mau pengadaan itu besar biaya, sedangkan Pemda sedang defisit. Ya hibah, karena mereka sebenarnya KPU itu barang habis pakai, daripada dibakar biar kami yang pakai," tutupnya. (rul/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL