BPKP Siap Kawal Realiasi Anggaran Rp 5 Triliun di Babel

Dwi H Putra    •    Kamis, 19 Mei 2022 | 11:35 WIB
Lokal
Caption: Kepala BPKP Babel, Faeshol Cahyo Nugroho (tengah) bersama Kepala Inspektorat se-Babel. (dwi/wb)
Caption: Kepala BPKP Babel, Faeshol Cahyo Nugroho (tengah) bersama Kepala Inspektorat se-Babel. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kantor Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar pertemuan dengan delapan pemerintah daerah (Pemda) di Babel dalam rangka rapat koordinasi Pengawasan Internal Keuangan dan Pembangunan.

"Disepakati dalam rapat tersebut, tujuh pemkab/kota dan satu Pemprov akan menyisihkan anggaran untuk pembelian produk dalam negeri," kata Kepala BPKP Babel, Faeshol Cahyo Nugroho usai rapat pertemuan, Rabu (18/5/2022). 

Lanjutnya, dari anggaran delapan pemda di Babel ini senilai Rp 5 triliun yang dikucurkan pusat, yang mana sebesar 56 persen akan dialokasikan untuk pembelian produk dalam negeri.

"Hal inilah yang akan dikawal oleh BPKP seperti apa jalannya realisasi dana tersebut," jelas Faeshol. 

"Karena ini memang komitmen kami, kedepan kami akan rutin turun mengecek, apakah komitmen penggunaan produk dalam negeri ini sudah direalisasi atau tidak bersama aparat pengawasan intern pemerintah (APIP)," paparnya. 

Menurut dia, dalam penggunaan produk dalam negeri ini sudah banyak produk dalam negeri yang ada seperti laptop, alat tulis kantor (ATK), dan lain sebagainya. 

Hal itu menyusul adanya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Mikro, Usaha Kecil, Dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Salinan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL