Tangani PMK, Babel Bentuk Tim Satgas dan Undang Ahli ITB

Dwi H Putra    •    Jumat, 20 Mei 2022 | 14:03 WIB
Lokal
Caption: Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin. (dwi/wb)
Caption: Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, wowbabel.com  -- Perayaan Idul Adha masih berselang satu bulan lebih, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat berkurban bagi keluarganya. 

Oleh sebab itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin, menginginkan adanya percepatan penanganan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di daerah ini. 

"Jumlah hewan yang terinfeksi PMK meningkat cepat, oleh sebab itu saya mau percepatan penanganannya, saya sudah bentuk tim," kata Ridwan Djamaluddin kepada media, Kamis (19/5/2022). 

"Dengan adanya tim ini, saya ingin penanganan yang lebih cepat supaya perluasan penyebaran terkendali," ujarnya. 

Lanjutnya hal ini harus segera dilakukan, mengingat tak lama lagi akan menghadapi lebaran Idul Adha, sehingga jangan sampai kekurangan pasokan hewan kurban bagi masyarakat. 

"Apalagi sebentar lagi kita mau Idul Adha, jangan sampai ada kekurangan pasokan, termasuk kebutuhan sehari-hari juga," jelas Ridwan. 

"Satuan tugas (Satgas) sudah kita bentuk bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, saya juga mengundang ahli-ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk tenaga perbantuan, kami upayakan semaksimal mungkin," jelas Ridwan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel, Edi Rumdhoni, mengatakan satgas ini akan diteruskan di tingkat kecamatan, yang akan melakukan cek poin di titik-titik masuknya ternak di pelabuhan.

"Cek poin dimana masuknya ternak, misalnya Sungai Selan, Tukak Sadai, Pangkalbalam dan lainnya," terang Edi. 

"Kami ada juga tim reaksi cepat yang dikeluarkan unit teknis, bagaimana teknisnya langkah standar operasional prosedue (SOP) nya ditentukan oleh kabupaten/ kota, di provinsi tim satgas akan melibatkan Polda, Karantina Hewan dan lainnya," pungkasnya. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL