Izin Ekspor Timah Indonesia Ditinjau Ulang, Pasokan Global Terancam

Abeng    •    Senin, 23 Mei 2022 | 09:34 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

PANGKALPINANG, wowbabel.com -- Asosiasi Timah Internasional (ITA) menilai gangguan terhadap ekspor timah Indonesia diperkirakan akan terjadi tahun ini. Pemerintah Indonesia sedang meninjau izin ekspor timah dari beberapa smelter pada bulan Juni 2022.

“Peninjuaan izin ekspor di Indonesia  menyebabkan gangguan pada industri timah dunia, seperti  pada awal tahun ini,” demikian tulis ITA dalam laman resmi internationaltin.org yang dikutip Jumat, 20 Mei 2022.

Para pedagang timah besar di pasar komoditas dunia juga telah mengkonfirmasi kepada ITA, bahwa pemerintah akan meninjau ulang  lisensi yang mereka miliki. Para pemasok atau eksportir timah Indonesia  tidak mengharapkan terjadi gangguan pasokan.

Peninjuaan izin ekspor timah ini menurut ITA setelah volume ekspor timah Indonesia melonjak dalam beberapa bulan terakhir . Hal ini dilakukan para eksportir untuk mendahului eskpor sebelum lisensi  ditinjau kembali oleh pemerintah. 

Tercatat ekspor timah Indonsia kuartal pertama 2022 mencapai 23.971 metrik ton. Pada April, ekspor timah Indonesia sebesar 9.243,57 metrik ton sebagai rekor ekspor timah terbesar dalam empat bulan. Sementara PT Timah Tbk sebagai pemegang lesensi penambangan terbesar di Indonesia hanya menjual 5.703 metrik ton timah selama kuartal pertama 2022.

“Kami tidak berharap lisensi ditinjau kembali akan berdampak besar pada total volume ekspor Indonesia. Produsen timah milik negara PT Timah telah mendapatkan izin ekspor untuk tahun ini, sementara produsen besar lainnya tidak akan mengalami masalah,” ujar ITA.

Sesuai peraturan, ekspor timah di Indonesia mewajibkan semua  peleburan untuk mengambil bijih dari konsesi pertambangan (Wilayah Izin Usaha Pertambangan)  mereka sendiri,  baik menambang secara langsung atau membeli dari kolektor. 

Sebelum mendapat izin ekspor pihak smelter harus menyerahkan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang menguraikan produksi tambang untuk tahun tersebut   mendapat persetujuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM). 

“Kementerian telah memberlakukan pemeriksaan yang lebih ketat pada RKAB  yang mengakibatkan gangguan ekspor awal tahun ini. Karena peraturan yang lebih ketat ini, beberapa pabrik peleburan swasta diberikan izin sementara sambil mengurus dokumennya,” tulis ITA.

Namun, izin ekspor sementara yang dipegang oleh smelter akan ditinjau.

“Sebagian mungkin tidak dapat memenuhi persyaratan. Akibatnya, kuota ekspor mereka bisa direvisi, atau izinnya dicabut,” demikian tulis ITA yang mengutip dari pernyataan Jabin Sufianto, Sekretaris Jenderal Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI). 

Peninjauan izin ekspor terhadap eksportir timah, menurut Jabin tidak berpengaruh signifikan terhadap eksportir timah besar karena izin akan tetap dikeluarkan pemerintah. 

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), cadangan timah dunia diperkirakan sekitar 4.900.000 ton. Dengan cadangan timah sebesar 800.000 ton, Indonesia menempati urutan kedua setelah China. Indonesia menyumbang 17% dari cadangan timah global. 

Indonesia juga merupakan produsen timah terbesar kedua di dunia. Cina adalah produsen dan pemasok timah terkemuka di dunia. Cina, Indonesia, dan Myanmar menyumbang 37% dari produksi timah dunia.

Hingga April 2022, China telah mengimpor 184.300 ton bijih timah dan konsentrat timah, naik 16,5% (YoY). Data dari Administrasi Umum Kepabeanan Republik Rakyat China, negara di  Asia memasok sebagian besar bijih timah dan konsentrat timah ke China sebesar 82,45% dari total impor.

Langkah Indonesia akan menghentikan ekspor timah dan bauksit pada tahun 2022 akan berdampak signifikan pada lanskap perdagangan logam internasional. Kenaikan harga logam dasar menyebabkan stok  timah dan aluminium meningkat pada kuartal pertama 2022.  Oleh sebab itu, langkah menghentikan ekspor logam oleh Indonesia, menurut Guotai Junan Securities Co., Ltd, hanya akan menguntungkan perusahaan dengan tingkat swasembada  logam yang tinggi. (wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL