Laksma Tresna Tinjau Kemajuan KBN Dusun Sukal, Satu-satunya di Babel

Chairul Aprizal    •    Selasa, 24 Mei 2022 | 06:14 WIB
Lokal
Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Komando Armada (Koarmada) I TNI AL, Laksma TNI Tresna Kusumawati, dalam rangka sosialisasi dan Maninjau KBN Dusun Sukal, Muntok, Kabupaten Bangka Barat.(rul/wb)
Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Komando Armada (Koarmada) I TNI AL, Laksma TNI Tresna Kusumawati, dalam rangka sosialisasi dan Maninjau KBN Dusun Sukal, Muntok, Kabupaten Bangka Barat.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Komando Armada (Koarmada) I TNI AL, Laksma TNI Tresna Kusumawati meninjau Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Binaan Lanal Babel di Dusun Sukal Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

Laksma TNI Tresna Kusumawati menyampaikan kegiatan ini merupakan program TNI AL untuk meningkatkan potensi di wilayah KBN yang berada di Dusun Sukal tersebut. 

"Kita melihat perkembangan dari pada Kampung Bahari Nusantara (KBN), ini merupakan program KSAL Laksmana TNI Yudo Margono. Untuk Dusun Sukal Ini memang terlihat ada kemajuan, nanti kita akan melihat kekurangan dan kelebihan di lingkungan ini. Dan akan evakuasi kekurangan  atau kelebihan untuk kedepannya yang akan dilaksanakan program-program selanjutnya," ungkap Laksma TNI Tresna Kusumawati.

Dusun Sukal ini merupakan satu-satunya KBN  di Kabupaten Bangka Barat. TNI AL bersama masyarakat setempat saling bekerja sama untuk membangun beberapa fasilitas seperti, Rumah Pintar yang berada di SDN 20 Muntok, dermaga untuk para nelayan, serta tempat wisata yang terletak di kawasan Bukit Keruwing dan beberapa fasilitas lainnya. 

Laksma TNI Tresna Kusumawati  berharap untuk kedepannya para masyarakat KBN Dusun Sukal ini dapat mandiri dan berinovasi guna membangun kemajuan sekitar. 

"Harapannya tidak lain tidak bukan adalah mengembangkan Masyarakat Bahari Mandiri, di dalam beberapa hal, berpendidikan, mempunyai inovasi dalam mengembangkan usaha, kemudian pertahanan dan keamanannya itu yang penting untuk menjaga keamanan laut kita baik wilayah Babel maupun sekitarnya," harap Laksma TNI Tresna

Sementara itu  Bupati Bangka Barat Sukirman menyampaikan Pemkab Bangka Barat siap bersinergi bersama-sama membangun KBN Dusun Sukal ini untuk mewujudkan Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat. 

"Berharap Pemkab Babar, terus bersinergi dengan TNI Angkatan Laut, Lanal Bangka Belitung. KBN Dusun Sukal ini benar - benar dapat memenuhi dan mewujudkan cluster yang ada, KBN ini sesuai dengan visi dan misi kami yakni untuk mewujudkan Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat, semoga capaian cluster-cluster tersebut segera terwujud," tutur Sukirman. 

Sedangkan Karian, salah seorang Tokoh Masyarakat Kampung Bahari Nusantara Dusun Sukal mengatakan kemajuan KBN.  merupakan hasil kerja sama antara Lanal Bangka Belitung bersama  masyarakat setempat. 

Kendati demikian, KBN Dusun Sukal  merupakan perbatasan antar dua kecamatan yaitu Kecamatan Muntok dan Kecamatan Simpang Teritip. 

"Sangat-sangat berterima kasih telah dibangunnya KBN Dusun Sukal oleh TNi AL, disini juga ada tempat wisatanya yang telah dibangun supaya menjadi tempat bersejarah antara perbatasan kecamatan, Berharap pemerintah dapat membantu dalam mengembangkan KBN ini," pungkas  Karian.(rul/wb) 




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL