Terserang PMK, 25 Ekor Sapi di Babel Mati

Dwi H Putra    •    Selasa, 24 Mei 2022 | 12:12 WIB
Lokal
Ilustrasi. (dok/wb)
Ilustrasi. (dok/wb)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Sebanyak 1.248 ekor sapi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) selama tiga hari terakhir dinyatakan sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Tak hanya itu, berdasarkan data terakhir yang masih mengalami PMK sebanyak 865 ekor, sedangkan sebanyak 25 ekor sapi mati akibat penyakit ini. 

"Dari sapi yang terpapar ini, peternak pun terpaksa memotong sapi sebelum waktunya, sebanyak 41 ekor sapi terpaksa dipotong," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel, Edi Romdhoni di Pangkalpinang, Senin (23/5/2022) kemarin. 

Lanjutnya, penyakit ini bisa disembuhkan asalkan dirawat dengan sungguh-sungguh oleh peternak dan penyakit ini tidak menular ke manusia, tetapi bisa menular dengan cepat ke sesama hewan seperti sapi, kambing dan domba. 

"Dagingnya aman dikonsumsi, tetapi kami mengimbau untuk sementara sapi yang sakit ini jangan di makan dulu bagian mulut, kepala, jeroan dan tulang iga," imbaunya. 

Terkait untuk memenuhi kebutuhan sapi baik konsumsi maupun untuk kebutuhan kurban, memang masih kekurangan.

Pihaknya mempersilakan peternak mendatangkan sapi dari luar Babel, asalkan betul-betul dinyatakan sehat, apalagi kebutuhan konsumsi itu menipis tinggal hitungan ekor, sebab setiap kebutuhan sekitar 35 ekor 

"Sapi yang dilarang masuk adalah dari Aceh dan Jawa Timur, sedangkan daerah-daerah lain seperti Bali, NTT, NTB dan Lampung masih dinyatakan aman, asalkan daerah asal melampirkan hasil pemeriksaan kesehatan bebas PMK," jelas Edi. 

"Jika pengusaha mendatangkan sapi dari luar itu harus dikawal ketat dan dikarantina selama 14 hari untuk memantau perkembangan kesehatan, kecuali sapi potong nggak perlu 14 hari, karena dagingnya aman dikonsumsi," terangnya 

"Untuk kebutuhan kurban diperkirakan sebanyak 5.000 ekor sapi di Babel, sementara sapi yang ada saat ini hanya setengah, masih diperlukan sekitar 3.000 ekor lagi," pungkas Edi. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL