Sukses Misi Dagang di Babel, Khofifah Titip Salam untuk Erzaldi

Tim_Wow    •    Rabu, 25 Mei 2022 | 00:31 WIB
Nasional
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.(ist)
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.(ist)

PANGKALPINANG, wowobabel.com -- Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa sukses membawa misi dagang  dan investasi ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Provinsi Bangka Belitung.  Misi dagang di Babel berhasil dengan sejumlah perjanjian kerjasama baik oleh organisasi perangkat daerah (OPD) dan perusahaan dari Jatim maupun Babel. 

Setelah sukses misi dagang dan investasi di Babel, Gubernur Khofifah tak melupakan peran koleganya Erzaldi Rosman yang baru saja habis masa jabatan sebagai Gubernur Babel.

"Salam hormat kepada Pak Pj Gubernur Pak Ridwan Djamaluddin, dan salam hormat kami untuk Pak Erzaldi karena proses ini (MoU dan perjanjian kerjasama) kita lakukan pada saat Gubernur Pak Erzaldi (menjabat), sebelum Pj," kata Khofifah saat menghadiri Forum Temu Bisnis dalam rangka kegiatan Misi Dagang antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Soll Marina, Selasa (24/5/22).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan pihaknya dalam satu tahun minimal melaksanakan 10 kali kerjasama misi dagang dan investasi ini ke sejumlah daerah di Indonesia. Tahun 2022 pasca Covid-19, Bangka Belitung masuk dalam enam provinsi tujuan Jatim.

"Bagaimana kedua provinsi ini tidak sekadar menemukan  sektor-sektor strategis untuk dilakukan perdagangan antara kedua provinsi," jelas Mantan Menteri Sosial ini. 

"Ini dibuktikan dengan penandatangan MoU antara 13 OPD dari kedua daerah, ini menunjukkan ada proses pemerintahan baik di sektor pertanian, peternakan serta OPD lainnya, tentu ini akan menjadi bagian dari penguatan diantara kedua provinsi," terangnya.

Dari misi dagang di Babel, Khofifah menambahkan dalam satu hari saja kerjasama antara perusahaan di daerah sudah mencapai nilai Rp 9 miliar lebih. 

Kerjasama perdagangan dan investasi antara Provinsi Jatim dengan Babel karena kedua daerah melihat potensi pasar dalam negeri yang cukup besar. Kedua daerah sepakat untuk tidak berorientasi pada ekspor semata untuk menggerakkan pembangunan ekonomi di daerah.

Gubernur Babel periode 2017-2022 Erzaldi Rosman saat menjabat memang gencar melakukan pendekatan dengan provinsi yang punya potensi besar, seperti Jawa Timur dan DKI Jakarta agar potensi yang ada di Babel bisa dikenal luas.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) anatar Jatim dengan Babel yang baru saja dilakukan melibatkan banyak sektor (kelautan dan perikanan, pertanian dan ketahanan pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, penanaman modal dan layanan terpadu satu pintu, koperasi dan umkm, serta industri dan perdagangan) dimana ada 13 OPD yang meneken nota kesepahaman ini, juga BUMD, KADIN, IWAPI, dan HIPMI.

"Penandatanganan MoU dari kedua provinsi ini, semoga saja bisa efektif. Karena ini berkaitan dengan kegiatan misi dagang dan investasi diharapkan dapat berkelanjutan sebagai misi strategis untuk kedua provinsi ini. Tidak hanya misi perdagangannya tapi juga misi penguatan kualitas SDMnya," ujarnya.

Sektor-sektor terpilih ini, juga merupakan sektor unggulan di Provinsi Kepulauan Babel, yang dapat membawa provinsi ini menduduki peringkat lima nasional, dan tertinggi se-Sumatera dalam hal pertumbuhan ekonomi. Sehingga, MoU ini diharapkan benar-benar dapat membawa kedua belah pihak provinsi ini sama-sama menjadi provinsi yang semakin maju dalam prosesnya. (*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL