Tim Puslitbang Mabes Polri Teliti Kinerja Polri di Bangka Belitung

Firman    •    Rabu, 25 Mei 2022 | 17:16 WIB
Nasional
Kombes (Pol) Saefuddin Mohamad.(fn/wb)
Kombes (Pol) Saefuddin Mohamad.(fn/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com-- Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Pangkalpinang, Rabu (25/5/2022).

Kunjungan kerja Tim Puslitbang Polri yang dipimpin oleh Kombes (Pol) Saefuddin Mohamad melakukan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri Tahun 2022 di wilayah hukum Polda Bangka Belitung.

Kombes (Pol) Saefuddin Mohammad mengatakan, bahwa penelitian yang dilakukan oleh Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri ini menyasar pada tugas pokok Polri baik dibidang operasional maupun pembinaan.

Selain itu dijelaskan, penelitian ini dilakukan dengan harapan Puslitbang Polri dapat mendukung institusi Polri dalam rangka menuju Polri yang presisi.

"Penelitian ini sendiri, diambil langsung dari internal dan eksternal seperti akademisi, instansi terkait, media dan lainnya tentang pelaksanan tugas pelayanan Polri kepada masyarakat," ujarnya.

Dirinya menyampaikan, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat merupakan salah satu unsur elemen penting untuk mengukur sejauh mana Polri dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ditambahkannya, bahwa keberhasilan Polri seperti pengungkapan kasus tindak pidana, terorisme dan lainnya sudah dapat diterima masyarakat, namun disisi lain tak menampik adanya tugas pokok Polri dalam hal pelayanan kepada masyarakat belum dianggap maksimal.

"Dari sisi lain, masih ada pelayanan Kepolisian yang belum maksimal, hal ini ditandai dengan adanya beberapa komplain atas pelayanan itu sendiri,". katanya.

Kombes (Pol) Saefuddin Mohamad berharap, berawal dari hal ini, Puslitbang Polri melakukan penelitian yang sudah dimulai dari tahun 2015 sampai 2021 dan dilanjutkan sampai saat ini. 

Metode penelitian ini, dijelaskannya menggunakan metode survey tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri salah satunya di Polres Pangkalpinang.

"Target kami di Polres Pangkalpinang ini diisi oleh 160 responden, namun yang mengisi cukup banyak yakni 653 responden dengan nilai kepercayaan sebesar 90,6 kategori sangat baik," ungkapnya.

Ia menambahkan, dari hasil ini, Tim Puslitbang Polri akan melakukan pendalaman untuk menggali sejauh mana upaya yang dilakukan oleh petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan serta kendala yang dihadapi pada saat menjalan pelayanan.

"Saya berharap, kita dapat diberikan informasi terkait ini sehingga dapat merekomendasikan kepada pimpinan Polri sehingga tidak salah sasaran," ujar Saefudin.

Sementara itu, dalam penelitian dari Puslitbang Polri di Polres Pangkalpinang ini, selain dihadiri oleh Kapolres Pangkalpinang turut dihadiri para Pejabat Utama Polres Pangkalpinang serta personil yang membawahi bidang operasional.

Selain itu juga, penelitian ini juga melibatkan perwakilan masyarakat terdiri dari tokoh masyarakat, agama, pemuda, LSM, Tenaga Didik, serta Instansi pemerintahan lainnya.

Kunjungan Tim Puslitbang Mabes Polri ke Mapolda Babel ini, Polres Pangkalpinang merupakan Polres ke empat yang telah dikunjungi.(fn/wb)




MEDSOS WOWBABEL