Diterjang Puting Beliung Kapal Nelayan Terbalik, Satu Korban Dinyatakan Hilang

Dwi H Putra    •    Kamis, 26 Mei 2022 | 12:23 WIB
Lokal
Caption: Tim Basarnas melakukan pencarian Nelayan yang hilang saat puting beliung. (dwi/wb)
Caption: Tim Basarnas melakukan pencarian Nelayan yang hilang saat puting beliung. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Terjangan angin puting beliung melanda Perairan Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 

Peristiwa yang melanda kawasan tersebut terjadi Kamis (26/5/2022) dini hari, mengakibatkan empat orang pemancing yang berangkat dari Pantai Pasir Padi Pangkalpinang menuju Karang Gading, yang berjarak 12 NM mengakibatkan kapal yang ditumpangi terbalik.

"Keempat korban berangkat pada Rabu (25/5/2022) sekitar pukul 07.00 wib ke lokasi, ketika di lokasi terjadi cuaca buruk dan kapal mereka terbalik," kata Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Pangkalpinang, Fazzli ketika dikonfirmasi wowbabel.com, Kamis (26/5/2022). 

"Tiga orang berhasil menyelamatkan diri menggunakan jerigen, dan diselamatkan kapal nelayan yang melintas dan dievakuasi ke pasir padi, sedangkan satu orang hilang masih dalam pencarian," ujarnya. 

Lanjut Fazzli, pihaknya setelah berkoordinasi dengan warga yang selamat terkait kronologis kejadian dan perkiraan lokasi, tim Search and Rescue berikut peralatan dikerahkan melakukan pencarian. 

"Ketiga korban selamat diantaranya Hatta (54), Toto (55) dan Wahid (30), sedangkan korban hilang atas nama Rusmin (60)," jelas Fazzli. 

Tidak hanya melanda pemancing yang berada di perairan, terjangan angin puting beliung juga melanda sebagian rumah warga yang berada di pesisir pantai tersebut. 

Seperti diungkapkan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel, Mikron Antariksa, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan dan menyusun laporan jumlah warga yang terdampak puting beliung  ini. 

"Ada rumah warga yang terdampak, kami masih mendata dan menyusun laporan tesebut," pungkasnya. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL