Pemkab Bangka Tengah Bakal Bangun SMPN 3 Koba di Simpang Perlang

Herdian wow    •    Jumat, 27 Mei 2022 | 17:39 WIB
Lokal
Caption: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Iskandar. (her/wb)
Caption: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Iskandar. (her/wb)

KOBA, wowbabel.com  -- Untuk mengatasi membludaknya siswa-siswi jenjang menengah pertama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan membangun Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 (SMPN 3) di Kecamatan Koba dalam waktu dekat.

Rencana pembangunan dilakukan di Simpang Jongkong, Kelurahan Simpang Perlang Kecamatan Koba, dimana sekolah tersebut akan mulai membuka pendaftaran siswa baru pada bulan Juli mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Iskandar mengatakan, rencana pembangunan SMPN 3 di Kecamatan Koba sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan telah di survey sejak tahun 2020 lalu.

Meski demikian, sampai saat ini belum ada pembangunan fasilitas gedung yang dilakukan, karena terkendala anggaran akibat Pandemi Covid-19.

"Mungkin nanti akan kami buka pendaftaran sekitar dua atau tiga kelas untuk kelas 1 dan kelas 2. Untuk lokasinya, sementara waktu kita pakai gedung SDN 15 yang lokasinya dekat dari situ," terang Iskandar, Jumat (27/5/2022).

Ia melanjutkan kedepannya secara bertahap akan dibangun fasilitas gedung sekolah baru tersebut sembari menunggu Anggaran Belanja Tambahan (ABT) APBD Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2022.

"Kalau dana ABT tersebut memungkinkan, nanti akan kita bangun dulu secara bertahap sebanyak 2-3 gedung. Jadi bulan Desember atau Januari 2023 nanti SMPN 3 Koba tersebut sudah ada gedungnya sendiri," imbuhnya

Selain itu, pembangunan SMPN 3 Koba itu juga akan mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN.

Sementara itu, terkait tenaga pendidikan dan kependidikan, pihaknya akan mengambil guru-guru yang ada di sekolah-sekolah lainnya, termasuk para guru honorer.

Ia berkata, pembangunan SMPN 3 Koba ini dinilai memang perlu untuk direalisasikan. Pasalnya, di SMPN 1 Koba, jumlah murid setiap tahunnya selalu membludak.

"Karena itu banyak murid-murid yang tidak keterima dan kemudian terpaksa harus sekolah ke SMPN 2 yang letaknya jauh di Desa Penyak sana," ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif agar dibangunlah SMPN 3 Koba di kawasan Simpang Jongkong, Kelurahan Simpang Perlang supaya siswa-siswi yang ada di sekitaran wilayah tersebut tidak perlu jauh-jauh lagi harus sekolah ke SMPN 2 yang berada di Desa Penyak.

"Dengan begitu, murid-murid yang berasal dari Simpang Perlang, Nibung dan sekitarnya itu bisa terakomodir sesuai dengan sistem zonasi berlaku," tandasnya (her/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL