Hilang Tiga Hari, Rusmin Ditemukan Mengapung di Perairan Air Kantung

Dwi H Putra    •    Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:59 WIB
Lokal
Tim SAR mengevakuasi jasad Rusmi yang ditemukan mengapung di perairan Air Kantung.(ist)
Tim SAR mengevakuasi jasad Rusmi yang ditemukan mengapung di perairan Air Kantung.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Rusmin (60) warga Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang hilang di Perairan Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), pada Kamis (26/5/2022) lalu akhirnya ditemukan Tim Search and Rescue (SAR) gabungan. 

Baca Juga: Diterjang Puting Beliung Kapal Nelayan Terbalik, Satu Korban Dinyatakan Hilang

Jasad Rusmin ditemukan dalam kondisi mengapung dan meninggal dunia di Perairan Air Kantung Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (28/5/2022)  sekitar pukul 08.00 WIB. 

Penemuan berawal sekitar pukul 07.00 WIB, Tim SAR melakukan Briefing Ops SAR H+3 untuk pelaksanaan pencarian terhadap sorti ke I dengan luas area pencarian  417 Nm yang dibagi dalam 4 sektor, kemudian dilakukan pemapelan kepada kapal yang melintas dan para nelayan. 

"Lalu, sekitar pukul 08.10 WIB, Tim SAR menemukan korban dalam keadaan meninggl dunia pada titik koordinat 1°49'191"S 106°10'216"T di sekitar Perairan Air Kantung, Sungailiat," kata Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, Fazzli kepada wowbabel.com, Sabtu (28/5/2022). 

"Ketika itu, SRU 1 yang sedang melakukan pencarian di sektor 1 menerima info dari nelayan yang sedang melaut, melihat mayat mengapung di permukaan air, selanjutnya SRU 1 menuju lokasi mayat tersebut dan dievakuasi ke rumah duka," ujarnya. 

Diketahui sebelumnya, angin kencang yang melanda Perairan Batu Belubang pada Kamis (26/5/2022) dini hari, mengakibatkan kapal nelayan terbalik. Empat orang pemancing yang berangkat dari Pantai Pasir Padi Pangkalpinang menuju Karang Gading hanyut ditelan gelombang. 

Dari tiga orang pemancing diantaranya Hatta (54), Toto (55) dan Wahid (30) berhasil menyelamatkan diri menggunakan jerigen, dan diselamatkan kapal nelayan yang melintas. Mereka dievakuasi ke pasir padi, sedangkan satu orang atas nama Rusmin (60) hilang.(dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL