Ditangkap di Pinggir Jalan, Nyok Nyok Gagal Kirim Sabu-sabu ke Belinyu

Firman    •    Senin, 06 Juni 2022 | 16:28 WIB
Nasional
Pihak Polda Babel memperlihatkan barang bukti dalam konferensi pers penangkapan pelaku pengedar sabu-sabu di Mapolda Bangka Belitung.(fn/wb)
Pihak Polda Babel memperlihatkan barang bukti dalam konferensi pers penangkapan pelaku pengedar sabu-sabu di Mapolda Bangka Belitung.(fn/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit Polairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu seberat 608,85 Gram.

Sabu-sabu tersebut diamankan Dit Polairud Polda Babel dari seseorang tersangka RZ alias Nyok Nyok (31) di pinggir Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Selindung Baru Kecamatan Gabek, tepatnya di tempat mangkalnya Bus Pangkapinang-Belinyu, Senin (30/05/2022) lalu.

Kabid Humas Polda Babel, Kombes (Pol) Drs A Maladi, mengatakan kronologis penangkapan pelaku bermula pada Senin (30/05/2022) sekira pukul 22.00 WIB di pondok kawasan Pelabuhan Sungai Bunting Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

Maladi melanjutkan, anggota KP XXVIII- 2001 dan KP XXVIII-2007 Dit Polairud Polda Babel mengamankan pria berinisial TK yang baru selesai mengkonsumsi narkotika jenis sabu. Kemudian dari keterangan TK tersebut menyatakan bahwa mendapatkan sabu-sabu dari seseorang di Pangkapinang.

Selanjutnya bersama dengan personil Sub Dit Gakkum, melakukan pengembangan dan berhasil menangkap satu orang laki-laki berinisial RZ di pinggir Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Selindung Baru Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang.

"Pada saat itu RZ hendak mengirimkan narkotika jenis sabu ke Belinyu dan Muntok, sebanyak dua kotak kecil. Setelah dilakukan pendalaman pada pelaku mengaku masih menyimpan narkotika jenis sabu di kediamannya yang beralamatkan di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang," ungkap Maladi yang didampingi Dirpolairud Polda Bangka Belitung, Kombes (Pol) Donny Adityawarman, dan Wadir Resnarkoba Polda Babel.

Sementara itu Dirpolairud Polda Babel Kombes (Pol) Donny Adityawarman mengungkapkan pihaknya menangkap tersangka RZ alias Nyok Nyok (31) berawal menangkap TK seorang oknum anggota Polri yang telah dipecat, di pondok dekat Pelabuhan Sungai Bunting Belinyu, Senin (30/5/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

"Jadi kita menangkap RZ ini, sebelumnya kita menangkap TK yang baru selesai mengkonsumsi sabu dan lalu kita interogasi dan menyebutkan bahwa sabu yang dia gunakan dikirim oleh RZ alias Nyok-nyok di Pangkalpinang," ujarnya.

Adapun barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka, yakni RZ ini, narkotika jenis sabu seberat 608,85 Gram. Serta barang bukti lainnya berikut ponsel, uang dan sepeda motor.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun, dan dipidana denda sebesar Rp 8.000.000.000 (delapan miliar rupiah).

Serta Pasal 114 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 tahun dan denda Rp 10 miliar.(fn/wb)





MEDSOS WOWBABEL