Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Kampus Mengajar

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 07 Juni 2022 | 15:21 WIB
Opini
Program Bimbingan Lancar Baca yang diterapkan di SDN 3 Lubuk Besar, Bangka Tengah.(ist)
Program Bimbingan Lancar Baca yang diterapkan di SDN 3 Lubuk Besar, Bangka Tengah.(ist)

Oleh: Pebi (Mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UBB)


Direktorat Sekolah Dasar, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali mengadakan Program Sekolah Pengerak yakni Kampus Mengajar Angkatan 3. Hal ini untuk meningkatkan literasi di lingkungan pendidikan.

Kampus Mengajar merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka untuk memperkaya kompetensi mahasiswa dengan memberikan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri mahasiswa melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Literasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik khususnya di jenjang sekolah dasar, agar dapat menyesuaikan diri dalam berbagai konteks kehidupan, baik personal, sosial maupun profesional. Sehingga ini menjadi tujuan utama Program Kerja Kampus Mengajar. 

Tak hanya membantu dalam peningkatan literasi tetapi juga membantu program pembelajaran, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi di sekolah yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek, difokuskan di sekolah yang berada di 3T ( Terdepan, Terpecil, dan Tertinggal) dan Terakredikasi C. Oleh karena itu, melalui Program Kampus Mengajar ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya SDM yang unggul dan membantu dalam pengembangan sekolah.

Kebetulan saya, Pebi salah satu mahasiswi yang lolos Program Kampus Mengajar Angkatan 3 yang ditempatkan di SDN 3 Lubuk Besar, Bangka Tengah. Bersama dengan tim yakni dua orang mahasiswi lainnya yang lolos Program Kampus Mengajar Angkatan 3 dan seorang Dosen Pemimbing Lapangan (DPL).

Bersama dengan tim, kami melaksanakan beberapa program kerja salah satunya untuk meningkatkan Literasi Siswa yakni Program Bimbingan Lancar Baca. Kurangnya minat baca pada siswa menjadi permasalahan tersendiri untuk sekolah serta guru yang mengajar. Terutama saat ingin menjawab soal yang diberikan guru, hingga berdampak pada prestasi pada siswa tersebut. 

Harapanya Program Bimbingan Lancar Baca dapat membantu meningatkan literasi siswa di SDN 3 Lubuk Besar. Program ini kami fokuskan untuk kelas 3,4 dan 5, lantaran ada beberapa siswa dan siswi yang belum lancar membaca, namun program ini juga belaku untuk kelas 1 dan 2. Sehingga kami pun menyiapkan jadwal tersendiri untuk program Bimbingan Lancar Baca. Jadwalnya dari Senin-Selasa untuk Kelas 1, 2 dan 3 pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB serta untuk kelas 4 dan 5 pukul 11.00  WIB sampai selesai. Namun terkadang pelaksanaan ini tergantung dengan situasi di sekolah.

Dengan menyediakan media pembelajaran dan menggunakan metode yang menarik dan mudah untuk menambah semangat dalam belajar membaca. Kami juga dibantu dan mendapat dukung dari para guruSDN 3 Lubuk Besar terkait program kerja yang kami ajukan. 

Salah satunya Program Bimbingan Lancar Baca, kami didukung dengan memberikan beberapa buku yang sangat membantu dalam proses bimbingan ini. Setelah beberapa bulan terlaksannya program Bimbingan Lancar Baca, syukurnya program ini memberikan dampak pada kemajuan belajar siswa.(*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL