Rajin Cuci Tangan Cegah Ribuan Kuman dan Penyakit Mematikan

Jurnalis_Warga    •    Rabu, 08 Juni 2022 | 23:53 WIB
Opini
Chairul Aprizal SKM.(ist)
Chairul Aprizal SKM.(ist)

 Oleh: Chairul Aprizal SKM (Penyuluh Kesehatan Masyarakat Bidang Promkes UPT Puskesmas Air Bara) 


Jika diambil survei singkat bahwa seringkali kita meremehkan hal-hal kecil yang sebenarnya dapat berdampak besar untuk kesehatan, salah satunya sering mengabaikan kondisi tangan apakah dalam keadaan bersih atau kotor.

Kita kerap menganggap tangan kita bersih dengan kasat mata sehingga tidak waspada bahwa ada ribuan kuman sudah menempel di tangan yang akan membahayakan tubuh terutama untuk kesehatan diri.

Tangan yang tidak bersih dapat menempel sebanyak sekitar 1.500 kuman atau bakteri setiap satu sentimeternya. Begitupula ketika kita malas atau enggan mencuci tangan maka dapat berisiko keracunan makanan karena terkontaminasi virus, bakteri, atau kuman.

Seperti ketika selesai membuang air kecil atau air besar di toilet terkadang lupa untuk mencuci tangan, saat habis bermain atau beraktivitas di luar rumah memegang banyak benda di luar sana seperti handphone, ke pasar, memegang troli, besi pagar dan sebagainya, lupa untuk mencuci tangan, dan yang paling fatal masih ditemukan adanya kebiasaan makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Tentu hal ini akan beresiko bagi kesehatan karena ribuan kuman dan bakteri yang tidak dapat dilihat secara kasat mata sudah menempel dan masuk ke dalam tubuh melalui sel kulit, salah satunya penyakit mematikan seperti diare.



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL