Permainan Berisiko Erzaldi di Kursi Kosong Wabup

Jurnalis_Warga    •    Jumat, 10 Juni 2022 | 15:29 WIB
Opini
Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia).(ist)
Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia).(ist)


Oleh: Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia)


Pasca pengunduran diri Erfian Rosman sebagai wakil bupat terpilih di Kabupaten Bangka Tengah untuk Periode 2021-2024, para analis politik dan publik secara awam mulai menerka siapa sosok pengganti yang dinantikan. Belakangan ini sejumlah nama mulai disebutkan.

Kalau kita kerucutkan dari figur yang mulai disebutkan tadi, paling tidak ada 4 jalur kekuatan politik yang akan bertarung. Pertama, Jalur Koalisi. Politisi yang diusulkan sebagai wakil bupati berasal dari pengurus teras partai politik pengusung Pasangan BERIMAN, yakni ada Partai Nasdem, Partai PAN, PKS, Golkar, dan lain-lainnya.

Untuk kandidat dari Golkar saya kira tidak akan muncul melalui jalur ini mengingat bupati yang terpilih saat ini adalah Ketua DPD Golkar Bangka Tengah. Oleh karenanya, yang paling berpeluang untuk diusulkan namanya melalui jalur ini yakni Ketua DPD Nasdem dan Ketua DPD PAN.

Kedua, Jalur dari Trah Ibnu Saleh. Meskipun Ibnu Saleh sudah meninggal dunia, rasa penghormatan yang besar untuk almarhum ini masih melekat di elit-elit politik yang ada di Bangka Tengah. Kabar adanya tokoh politik di Bumi yang berjuluk Selawang Segantang ini menginginkan keluarga dari almarhum untuk menjadi calon wakil bupati nanti merupakan bukti nyata adanya komitmen dan loyalitas untuk keluarga Ibnu Saleh.

Ketiga, Jalur Trah Erzaldi. Beberapa hari belakangan ini, beberapa media massa lokal mulai terang-terangan mem-framing publik bahwa Melati Erzaldi (Istri Erzaldi) cukup pantas menggantikan abang iparnya yang lebih memilih jabatan politik di Senayan. Tak hanya itu saja, adik kandung Erzaldi pun juga mulai disebut-sebut bisa diandalkan juga untuk mengemban amanah sebagai wakil bupati Bangka Tengah nanti.



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL