Kawasan Penambangan Marbuk Pungguk dan Kenari Dipasangi Portal

Herdian wow    •    Selasa, 14 Juni 2022 | 16:39 WIB
Lokal
Pemasangan portal di kawasan penambangan eks PT Koba Tin, yakni Marbuk, Pungguk dan Kenari.(her/wb)
Pemasangan portal di kawasan penambangan eks PT Koba Tin, yakni Marbuk, Pungguk dan Kenari.(her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com – Kawasan pertambangan eks PT Koba Tin, yakni Marbuk, Pungguk dan Kenari di Kecamatan Koba telah dipasang portal oleh PT Timah Tbk. Pemasangan portal dilakukan agar para penambang liar tidak lagi menjarah kawasan tersebut.

Seperti yang dijanjikan sebelumnya Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin akan melegalkan kawasan pertambangan eks PT Koba Tin tersebut dan menunjukkan perusahaan yang akan melakukan penambangan.

"Hari ini kita mengawal proses pemasangan portal di Eks PT Koba Tin, lokasi Marbuk, Pungguk dan Kenari. Di mana dasar pemasangan portal ini surat dari Kementerian ESDM kepada Bupati Bangka Tengah," ungkap Kasi Trantibum, Primadoni

Ia melanjutkan anggaran yang digunakan untuk membuat portal tersebut berasal dari PT Timah Tbk.

"Mengenai kapan akan dilegalkan kawasan ini kami tidak tahu secara pasti, yang jelas PT Timah Tbk ditunjuk oleh PJ Gubernur untuk melakukan eksplorasi tambang disini," terangnya

Terpisah Anggota DPRD Bangka Tengah dari Fraksi PPP, Apri Panzupi mengungkapkan mengenai pemasangan portal di kawasan Marbuk, Pungguk dan Kenari tersebut sah-sah saja dan pihaknya menyambut baik apalagi dilakukan oleh PT Timah dengan upaya untuk mengamankan aset negara.

"Siapapun boleh melakukan pengamanan aset negara namun untuk melegalkan atau harmonisasi lokasi tersebut tentu harus dilakukan penyesuaian terlebih dahulu, karena di Bangka Tengah Perbup di kawasan itu (Marbuk, Pungguk dan Kenari--red) tidak lagi menjadi kawasan pertambangan melainkan kawasan pemukiman," ungkap Apri Panzupi, Selasa (14/06/2022).



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL