BPDB Pantau Titik Rawan Banjir di Kota Pangkalpinang

Ginta Gusti Pranata    •    Rabu, 15 Juni 2022 | 19:52 WIB
Lokal
Kantor BPBD Kota Pangkalpinang.(gn/wb)
Kantor BPBD Kota Pangkalpinang.(gn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Terkait imbauan dari BMKG Pusat perihal waspada Banjir Rob, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang mengaku telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang bermukim di bantaran sungai atau titik rawan banjir. 

Baca Juga : Waspada, Wilayah Pesisir Babel Berpotensi Banjir Rob

Kholidi, Penata Kebencanaan BPBD Kota Pangkalpinang mengatakan pihaknya telah memberikan arahan kepada masyarakat, terutama di pesisir sungai untuk senantiasa siaga mengingat pada pekan ini air laut sedang dalam keadaan pasang tinggi.

Walaupun ada potensi terjadinya banjir, ia menegaskan bahwa sampai dengan hari ini Kota Pangkalpinang belum termasuk dalam katagori wilayah banjir. Hal ini telah ditentukan oleh BNPB melalui ambang batas tinggi genangan air serta lamanya air tergenang. 

"Kalau yang terjadi di daerah kita cuma terjadi genangan-genangan saja akhir akhir ini, belum termasuk yang gimana- mana," kata Kholidi, Rabu (15/6/2022).

Untuk penanggulangannya, Ia menambahkan saat ini BPBD Kota telah membagikan tabel yang berisi data air laut pasang kepada masyarakat yang berada pada titik rawan atau di sekitar aliran Sungai Rangkui yang berguna untuk informasi terkait ini.

Hal itu bertujuan agar masyarakat dapat lebih dahulu mengetahui kapan air laut pasang tinggi dan bisa memprediksikan air datang ketika turun hujan.



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL