Babak Baru Petualangan Cukong Timah (1): Kerja Nekat Atau Kerja Cerdas

Jurnalis_Warga    •    Senin, 20 Juni 2022 | 23:45 WIB
Opini
Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia)
Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia)


Memang agak aneh. Memberantas "mafia" dengan cara "mafia" belum terlalu populer di Bumi Serumpun Sebalai


Oleh: Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia) 


Kabar dipilihnya Tamron atau yang lebih akrab dikenal publik dengan sebutan Bos Aon sebagai Ketua Satgas Tambang Timah Ilegal di Babel cukup mengagetkan banyak pihak. Muasalnya adalah PJ Gubernur Babel Ridwan Djamaludin telah memberikan  kepercayaan kepada Aon untuk menangani carut marut praktik pertambangan ilegal yang sudah mengakar dalam denyut nadi pertambangan timah pasca reformasi hingga saat ini. 

Baca Juga : Bos Tambang Aon Ditunjuk Jadi Ketua Satgas Tambang Ilega

Penunjukkan Aon sebagai Ketua Satgas  Tambang Timah Ilegal menimbulkan banyak spekulasi. Pertanyaan yang paling gaduh muncul mengapa harus Aon. Apakah tidak ada orang lain lagi yang bisa mengemban tugas berat ini. 

Menyebut nama Aon maka ingatan kita terlintas pada tahun 2006 silam. Tahun 2006 merupakan tahun-tahun paling berat bagi pemerintah untuk menertibkan tata niaga pertimahan di Babel yang lebih menguntungkan kelompok "mafia" dibandingkan pemerintah. 

Dan, di tahun 2006 pula, secara kebetulan, tercatat nama Aon dan teman-temannya pada Perkara Tindak Pidana Pertambangan Tanpa Ijin.

Kalau kita cermati, Aon dan teman-temannya didakwa karena "secara bersama-sama dan sendiri-sendiri melakukan proses dan pengolahan dan pemurnian biji timah tanpa dilengkapi Kuasa Pertambangan (KP), Pengolahan dan Pemurnian, KP Pengangkutan dan KP Penjualan" seperti yang tertulis di website kejaksaan.go.id. 

Dari isi dakwaan ini maka sulit bagi kita untuk meniadakan keterlibatan Aon dari aktivitas tambang ilegal di kurun waktu itu. Lalu, bagaimana dengan kondisi saat ini? 



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL